Strategi guru dalam menanamkan kemandirian anak yang didampingi orang tua selama jam belajar: studi kasus pada anak di TK Dharma Wanita Persatuan KetapangLor Ujungpangkah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lamiah, Ni'matul (2022) Strategi guru dalam menanamkan kemandirian anak yang didampingi orang tua selama jam belajar: studi kasus pada anak di TK Dharma Wanita Persatuan KetapangLor Ujungpangkah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ni'matul Lamiah_D09218015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kemandirian anak yang rendah yang memiliki prilaku seperti ketika masuk kelas ada anak yang masih minta ditemani orangtuanya pada saat jam belajar, ada beberapa anak yang kalau mau memasang kaos kaki masih minta dipakaikan karena tidak bisa memasangnya sendiri, ada beberapa anak yang kalau mengerjakan tugas masih dibantu dan didampingi guru dan guru memiliki strategi untuk menanamkan kemandirian anak. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui kemandirian anak masih rendah yaitu di dampingi orangtua selama jam belajar di TK Dharma Wanita Persatuan KetapangLor. 2) Untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan kemandirian pada anak di TK Dharma Wanita Persatuan KetapangLor. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penentuan subjek penelitian menggunakan tehnik purposive yaitu orang yang dianggap paling tau apa yang peneliti harapkan., informan pada penelitian ini adalah 1 kepala sekolah, 1 guru wali kelas, Orangtua siswa dan 2 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi tehnik, sumber dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan kemandirian anak masih didampingi orangtua selama jam belajar di TK Dharma Wanita Persatuan KetapangLor yaitu anak dibantu saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, anak tidak mau bergaul dengan teman sebayanya, dan anak masih minta bantuan dalam kegiatan keseharian di sekolah seperti mencuci tangan, mengambil makanan, memakai dan melepas sepatu dan kaos kaki. Adapun hasil strategi guru dalam menanamkan kemandirian anak memberi motivasi, memberi kesempatan anak belajar memilih. menghargai hasil kerja anak. aktivitas beragam agar tidak bosan. menghindari perintah dan ultimatum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lamiah, Ni'matulnengemy36@gmail.comD09218015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Guru
Kepribadian
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi guru; kemandirian anak; orang tua
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ni'matul Lamiah
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:10
Last Modified: 27 Oct 2022 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57573

Actions (login required)

View Item View Item