Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nofiana, Dewi Sarah (2022) Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Sarah Nofiana_J01218010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh mahasiswa rantau yaitu mahasisswa yang merasa kurang mampu untuk berprestasi yang disebabkan stres dengan tuntutan belajar. Hal tersebut mengakibatkan individu tertekan dan hilang dorongan dalam diri untuk berprestasi serta individu tidak dapat mencapai prestasi yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi berprestasi mahasiswa rantau. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala dukungan sosial teman sebaya dan skala motivasi berprestasi. Subjek penelitian berjumlah 125 orang dari jumlah populasi sebanyak 622 melalui teknik pengambilan sampel random sampling dimana setiap orang seluruh populasi memiliki kesempatan untuk menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara dukungan dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi berprestasi mahasiswa rantau.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nofiana, Dewi Sarahdewisarahnofiana@gmail.comJ01218010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholeh, Moh.moh.sholeh1960@gmail.com195912091990021001
Subjects: Motivasi Belajar
Psikologi Sosial
Keywords: Dukungan Sosial Teman Sebaya; Motivasi Berprestasi; Rantau
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Dewi Sarah Nofiana
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:32
Last Modified: 28 Oct 2022 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57578

Actions (login required)

View Item View Item