Analisis hukum Islam terhadap transaksi jual beli game online War Eternal di grup player game online War Eternal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nur (2021) Analisis hukum Islam terhadap transaksi jual beli game online War Eternal di grup player game online War Eternal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hidayati_C92216192.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana praktik transaksi jual beli game online “War Eternal” di grup player game online “War Eternal” dan analisis hukum Islam terhadap transaksi jual beli game online “War Eternal” di grup player game online “War Eternal”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analitis dengan menggunakan pola pikir deduktif yaitu pola pikir berdasarkan pada pengetahuan sebelumnya yang bersifat umum kemudian diambil kesimpulan baru yang bersifat khusus. Dari hasil analisis peneliti yang menggunakan teori jual beli dapat diketahui bahwa mekanisme transaksi dilakukan secara online melalui chatting tanpa menggunakan sistem COD (cash on delivery). Kemudian para pihak melakukan negosiasi harga untuk mencapai kesepakatan harga dan kemudian melakukan pembayaran melalui transfer ke rekening yang disetujui. Setelah melakukan transfer ke rekening yang disetujui, maka penjual menyerahkan id dan password game online tersebut. Dari jual beli tersebut sudah memenuhi rukun dan syarat dari jual beli. Selain itu jual beli tersebut dilakukan atas dasar suka sama suka sehingga tidak ada pihak yang dirugikan di dalam transaksi tersebut. Apabila dianalisis menggunakan Fatwa DSN No. 05/DSN-MU/IV/2000 tentang jual beli salam maka hasil analisanya akad jual beli yang dilakukan oleh kedua belah pihak sah sesuai ketentuan yang ada di dalam Fatwa DSN No. 05/DSN-MUI/IV/2000 tentang jual beli salam. Barang yang diperjual belikan yaitu barang yang hanya bisa dilihat spesifikasinya saja. Ija>b qabu>l dan penentuan harga yang dilakukan antara penjual dan pembeli dilakukan atas kesepakatan kedua belah pihak. Pembeli dapat melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum menerima barang. Waktu penyerahan barang sudah disepakati sebelumnya sehingga barang dapat langsung diserahkan kepada pembeli sesuai waktunya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Nurnurhidayatih747@gmail.comC92216192
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSanuri, Sanurisuns_76@yahoo.com2021017603
Subjects: Game Online
Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Hukum Islam; jual beli; game online
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: nur hidayati
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:50
Last Modified: 28 Oct 2022 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57583

Actions (login required)

View Item View Item