Pengembangan media Crocobar berbasis Android untuk melatih kemampuan penyelesaian masalah soal bentuk aljabar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Mochamad (2022) Pengembangan media Crocobar berbasis Android untuk melatih kemampuan penyelesaian masalah soal bentuk aljabar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Ramadhani_D94218057.pdf

Download (23MB)

Abstract

Kemampuan menyelesaikan masalah adalah kemampuan yang tidak dapat langsung dimiliki oleh suatu individu namun harus dipelajari dan dilatih agar kemampuan tersebut dapat berkembang, untuk melatih kemampuan ini yaitu melalui pembelajaran matematika. Penelitian ini dikembangkan media game edukasi Crocobar yang berguna untuk melatih kemampuan penyelesaian masalah soal bentuk aljabar. Selain itu media Crocobar dikembangkan dengan tujuan meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam melatih kemampuan penyelesaian soal materi bentuk aljabar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan media Crocobar berbasis Android untuk melatih kemampuan penyelesaian masalah soal bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan dalam penelitian, yakni : (1) analysis; (2) design; (3)development; (4)implementation; (5)evaluation. Penelitian ini menggunakan lembar fieldnote, validasi, dan angket untuk melakukan pengumpulan data dalam pengembangan. Selanjutnya data yang diperoleh akan dianalisis dan untuk menilai kevalidan media menggunakan kriteria LORI (Learning Object Review Instrument). Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu: (1) Proses pengembangan media Crocobar berbasis Android untuk melatih kemampuan penyelesaian masalah soal bentuk aljabar sesuai dengan lima tahapan model pengembangan ADDIE. Pada tahap analysis menghasilkan data analisis kebutuhan dalam melakukan pengembangan media Crocobar. Pada tahap design menghasilkan berbagai macam desain percancangan media Crocobar seperti flowchart, usecase, Desain interface media Crocobar. Selanjutnya pada tahap development media Crocobar akan dikembangkan sesuai dengan desain yang telah disipakan pada tahap sebelumnya, sehingga menghasilkan aplikasi media Crocobar berbasis Android yang dapat digunakan pada smartphone Android dengan versi terendah 5.0 (Lolipop). Kemudian pada tahap implementation, media Crocobar yang telah dikembangkan divalidasi oleh para validator untuk memperoleh data kevalidan dan kepraktisan media Crocobar, serta saran dan masukan untuk perbaikan media Crocobar. Selanjutnya pada tahap evaluation, media Crocobar akan dikembangkan kembali sesuai data dan masukan yang diberikan para validator sehingga menghasilkan media Crocobar yang dinyatakan valid dan praktis oleh para validator. (2) Media Crocobar dinyatakan “valid” dengan rata-rata kevalidan mencapai 4,31. (3) Media Crocobar dinyatakan “praktis” dengan rata-rata kepraktisan mencapai 95% yang berarti media Crocobar dapat digunakan dengan sedikit revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Mochamadrama27moch@gmail.comD94218057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Crocobar; unity3D; melatih kemampuan penyelesaian masalah soal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mochamad Ramadhani
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:29
Last Modified: 01 Nov 2022 01:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57591

Actions (login required)

View Item View Item