Efektivitas model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan media papan peraga terhadap hasil belajar siswa kelas VII Di Mtsn 4 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayah, Lisdiyanti Nurul (2022) Efektivitas model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan media papan peraga terhadap hasil belajar siswa kelas VII Di Mtsn 4 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lisdiyanti Nurul_D0A218013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang berani mengemukakan pendapat saat pembelajaran, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru saat menyampaikan materi, dan mengobrol dengan temannya di kelas serta hasil belajar siswa yang masih rendah pada pembelajaran IPA di MTsN 4 Sidoarjo. Salah satu cara untuk mengatasi kendala yang ada dapat diterapkan inovasi pembelajaran dalam kelas dengan menerapkan model pembelajaran inovatif atau kooperatif untuk membantu siswa yang suka bercanda dan mengobrol dengan temannya. Oleh karena itu, Peneliti bertujuan untuk membangun semangat belajar siswa dalam belajar IPA dan mengajak siswa aktif belajar dengan adanya model pembelajaraan kooperatif tipe TGT dengan pada materi sistem tata surya. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) dengan media papan peraga terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi sistem tata surya di MTsN 4 Sidoarjo. Model penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain pada penelitian ini yaitu dengan Non equivalent group design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis prasyarat, uji Wilcoxon untuk hasil tes, analisis persentase angket, dan uji Mann Whitney untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif TGT dari hasil output Dasar pengambilan keputusan uji Wilcoxon adalah jika nilai Asymp.Sig (2-tailed) < 0,05 maka H_(0 ) ditolak, artinya model pembelajaran kooperatif TGT dengan media papan peraga efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi sistem tata surya di MTsN 4 Sidoarjo. Ada perbedaan antara penerapan model pembelajaran TGT di kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak diterapkan model kooperatif TGT. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, hal ini berarti model pembelajaran kooperatif TGT efektif digunakan. Persepsi siswa mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif TGT sangat baik dan antusias dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan berdasarkan data yang didapatkan dari hasil angket respon siswa, persentase lebih dominan menjawab sangat setuju dengan rentang nilai diatas 75% termasuk dalam kategori tinggi dan rata-rata pencapaian skor adalah 85,7%, dengan kategori sangat tinggi artinya siswa menyukai model pembelajaran kooperatif tipe TGT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayah, Lisdiyanti Nurullisdiyantinurul23@gmail.comd0a218013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati L, Srisri_hidayati@uinsby.ac.id198201252014032001
Thesis advisorIndayati, Tatikindayatitatik@uinsby.ac.id197407172014112003
Subjects: Pendidikan
Pengajaran
Keywords: Model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament; hasil belajar siswa; sistem tata surya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: LISDIYANTI NURUL HIDAYAH
Date Deposited: 01 Nov 2022 01:23
Last Modified: 01 Nov 2022 08:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57615

Actions (login required)

View Item View Item