Efektivitas penerapan model pembelajaran Blended Learning menggunakan Aplikasi Microsoft Teams terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa di SMPN 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Robbani, Fairuz Nafis (2022) Efektivitas penerapan model pembelajaran Blended Learning menggunakan Aplikasi Microsoft Teams terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar siswa di SMPN 5 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fairuz Nafis Robbani_D0A218003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aktivitas pembelajaran di sekolah saat masa pandemi Covid 19 menjadi terkendala sehingga mempengaruhi proses belajar mengajar. Para pengajar mencari solusi tepat untuk menanggulangi proses belajar di tengah situasi pandemi.Salah satunya adalah blended learning. Blended learning merupakan model pembelajaran yang digunakan para guru guna memperdalam penguasaan materi kepada siswa. Salah satu sekolah yang menggunakan blended learning adalah SMPN 5 Surabaya.Khususnya di bidang IPA, blended learning mendukung konsentrasi pembelajaran sebab di dalamnya menerapkan digital literacy sehingga siswa dapat melek terhadap sains. Penelitian ini fokus membahas model pembelajaran blended learning terbaru dalam dunia akademis yang mana merupakan gabungan dari pembelajaran berbasis internet dan konvensional. Platform e-learning Microsoft teams sebagai media diskusi belajar terkait topik yang akan dipelajari. Selain itu, fitur dalam Microsoft teams juga dijadikan alat pengumpulan tugas siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan one-group posttest-pretest. Penelitian ini diharuskan melakukan pretest dan posttest selama proses penelitian oleh peneliti. Populasi data diambil dari seluruh siswa kelas VII SMPN 5 Surabaya, sementara sampel penelitian diperoleh dari 30 siswa kelas VII C. Pengumpulan data terbagi atas beberapa teknik, antara lain test, angket dan observasi pembelajaran. Kemudian dilanjut pada teknik analisis data yang terdiri dari uji instrument, uji lembar observasi pembelajaran, uji angket kemandirian siswa, uji pretest-posttest.Demikian hasil penelitian adalah perolehan hasil kemandirian belajar yang diukur menggunakan skor presentase angket dan nilai pretest-posttest yang diukur menggunakan uji normalitas dan homogenitas terlebih dahulu, selanjutnya di uji dengan uji T berpasangan. Selain itu, hasil penelitian ini membahas efektivitas model pembelajaran blended learning menggunakan aplikasi Microsoft teams terhadap kemandirian belajar siswa dan hasil belajar kognitif siswa secara faktual dan terperinci, yang dimana model pembelajaran blended learning memiliki efektivitas yang signifikan terhadap kemandirian dan hasil belajar pada siswa kelas VII C SMPN 5 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Robbani, Fairuz Nafisfairusnafis70@gmail.comD0A218003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati L, Srisri_hidayati@uinsby.ac.id0925018203
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsby.ac.id0705128601
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Blended Learning; Microsoft Teams; Kemandirian Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Fairuz Nafis Robbani
Date Deposited: 01 Nov 2022 02:01
Last Modified: 01 Nov 2022 02:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57622

Actions (login required)

View Item View Item