Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui inovasi pengolahan Buah Siwalan di Dusun Krajan Desa Boto Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahadiyah, Siti Sa'diyatul (2022) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui inovasi pengolahan Buah Siwalan di Dusun Krajan Desa Boto Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Sa'diyatul Ahadiyah_B92218133.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pendampingan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan aset dan potensi yang ada yaitu buah siwalan melalui kegiatan kewirausahaan. Buah siwalan merupakan salah satu aset alam yang melimpah di desa ini. Namun selama ini pemanfaatan buah siwalan hanya dijual dalam bentuk buah yang menyebabkan nilai jual buah siwalan rendah sehingga petani siwalan tidak begitu minat untuk mengusahakan buah siwalan. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya petani yang mengu sahakan pohon siwalan untuk diambil air niranya saja yang kemudian dijual dalam bentuk minuman segar. Penelitian pendampingan ini menggunakan strategi pendekatan ABCD (Asset Bassed Community Development). Dimana pendekatan ini fokus terhadap aset dan potensi yang dimiliki oleh masyarakat. Dalam pendekatan ini masyarakat dan peneliti belajar bersama mengoptimalkan secara mandiri aset dan potensi yang dimiliki melalui inovasi pengolahan buah siwalan menjadi produk pangan yang memiliki nilai jual tinggi. Hasil dari pendampingan yang dilakukan peneliti dengan masyarakat Dusun Krajan adalah perubahan cara pikir masyarakat terhadap aset dan potensi yang dimiliki dan perubahan perekonomian masyarakat dengan adanya inovasi pengolahan buah siwalan menjadi produk pangan yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahadiyah, Siti Sa'diyatuldiyaahadiyah294@gmail.comB92218133
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, M.MunirMunirmansyur1959@gmail.com2017035901
Subjects: Ekonomi
Industri Kecil
Organisasi Masyarakat
Keywords: Pemberdayaan; ekonomi; pengoptimalan aset; Kewirausahaan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Siti Sa'diyatul Ahadiyah
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:26
Last Modified: 01 Nov 2022 03:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57647

Actions (login required)

View Item View Item