Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas IV MIN 1 Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huba, Fina Za'imia (2022) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas IV MIN 1 Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fina Za'imia Huba_D97218086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu siswa yang kurang memiliki motivasi dalam belajar akan berdampak pada efektif atau tidakya tujuan pembeajaran akan tercapai, motivasi belajar siswa akan terbentuk dengan baik jika keadaan ruang belajar juga nyaman dan kondusif. Lingkungan sekolah menjadi salah satu faktor terbentuknya motivasi belajar pesrta didik agar mengikuti pembelajaran dengan lancar dan nyaman. Dengan latar belakang diatas peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas IV MIN 1 Bojonegoro.Siswa yang kurang memiliki motivasi belajar maka untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dimaksudkan kurang efektif. Untuk keberhasilan tercapainya tujuan pembelajaran, sangat penting untuk memperhatikan masalah ini.Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas IV MIN 1 Bojonegoro?”.Penelitian ini menggunakan Kuantitatif dengan jenis penelitian Deskriptif (Design Survey). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas di IV MIN 1 Bojonegoro. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sampel acak (random sampling) . sampel yang digunakan yitu Siswa Kelas IV A, IV B, IV C, IV D, IV E. IV F yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yakni menggunakan Angket dan Observasi. Analisis data menggunakan tiga uji yaitu : (1) Uji Instrumen Validitas dan Reliabilitas, (2) Uji Prasyarat analisis (normalitas dan linearitas), (3) Uji hipotesis (Korelasi Product Moment). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa : persepsi siswa kelas IV mengenai Pengaruh lingkungan sekolah terhadap Motivasi belajar memiliki kategori positif. Ada pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi belajar peserta didik di kelas IV MIN 1 Bojonegoro. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis menggunakan korelasi product moment diperoleh Asymp.Sig = 0,001 (0,001 < 0,05) dan nilai Korelasi dengan nilai rhitung sebesar 0,516 > rtabel sebesar 0,312 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha Diterima. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif dan signifikan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah dan motivasi belajar peserta didik. pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas IV MIN 1 Bojonegoro adalah sebesar 26,6%, sedangkan sisanya sebesar 73,4% dapat dijelaskan oleh berbagai penjelasan lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huba, Fina Za'imiafinazaimia65@gmail.comD97218086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Lingkungan Sekolah; Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fina Za'imia Huba
Date Deposited: 01 Nov 2022 04:45
Last Modified: 01 Nov 2022 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57662

Actions (login required)

View Item View Item