Pesarean Agung Sentono Botoputih Surabaya: studi bentuk dan ragam hias situs makam kasepuhan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Rizkita Putri (2022) Pesarean Agung Sentono Botoputih Surabaya: studi bentuk dan ragam hias situs makam kasepuhan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizkita Putri Sa'diyah_A72218072.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pesarean Agung Sentono Botoputih Surabaya: Studi Bentuk dan Ragam Hias Situs Makam Kasepuhan”. Situs makam ini merupakan bangunan Cagar Budaya di Surabaya. Penelitian ini fokus pada tiga permasalahan yaitu: (1) Bagaimana keberadaaan Pesarean Agung Sentono Botoputih Surabaya?, (2) Bagaimana bentuk dan ragam hias Situs Makam Kasepuhan Pesarean Agung Sentono Botoputih Surabaya?, (3) Bagaimana hubungan Islam dan kebudayaan lokal dalam Situs Makam Kasepuhan Pesarean Agung Sentono Botoputih Surabaya?.Penelitian ini menggunakan metode penelitian arkeologi yang meliputi observasi, wawancara, deskripsi, analisis dan pelaporan. Pendekatan yang digunakan yaitu adaptasi kultural. Sedangkan, teori yang digunakan adalah teori penetration pasifique menurut Hasan Muarif Ambary. Teori ini difokuskan untuk menganalisis bentuk bangunan dan ragam hias nisan Situs Makam Kasepuhan Pesarean Agung Sentono Botoputih Surabaya Surabaya. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian adalah (1) Keberadaan Pesarean Agung Sentono Botoputih Surabaya terletak di Jl. Pegirian No. 176, Surabaya. (2) Bentuk nisan yang ada di Situs Makam Kasepuhan Pesarean Agung Sentono Botoputih Surabaya memiliki tipe Demak-Troloyo dengan ragam hias motif kala makara, geometris dan flora. (3) Islam dan kebudayaan lokal yang ada pada situs makam Kasepuhan Pesarean Agung Sentono Botoputih Surabaya mampu membentuk hubungan yang serasi, hal ini menunjukkan bahwa Islam datang secara damai sesuai dengan teori yang digunakan dalam penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Rizkita Putririzkita03@gmail.comA72218072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi060459@gmail.com2006045901
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzaiyana@uinsby.ac.id2012086901
Subjects: Akulturasi
Arkeologi
Budaya Islam
Kebudayaan Jawa
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: arkeologi; ragam hias; pesarean agung sentono botoputih; situs makam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rizkita Putri Sa'diyah
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:53
Last Modified: 03 Nov 2022 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57700

Actions (login required)

View Item View Item