تحليل الأخطاء الصوتية في قراءة القرآن لدى تلاميذ معهد النافعية لتحفيظ القرآن تولانجان سیدوارجو (دراسة تحليل الأخطاء)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Ayu Rizky Fitratin (2021) تحليل الأخطاء الصوتية في قراءة القرآن لدى تلاميذ معهد النافعية لتحفيظ القرآن تولانجان سیدوارجو (دراسة تحليل الأخطاء). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Rizky Fitratin Nisa_A01217011.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apa bentuk kesalahan pelafalan bacaan pada Al-Qur'an santriwan santriwati Pondok Pesantren Tahfidz An Nafi'iyah Tulangan Sidoarjo, (2) apa penyebab terjadinya kesalahan bacaan pada Al-Qur'an santriwan santriwati Pondok Pesantren Tahfidz An-Nafi'iyah Tulangan Sidoarjo. (3) bagaimana upaya untuk mengurangi kesalahan bacaan pada Al Qur'an santriwan santriwati Pondok Pesantren Tahfidz An-Nafi'iyah Tulangan Sidoarjo. Observasi dan wawancara merupakan dua sumber yang diperoleh dari analisis data ini, Langkah langkah analisis kesalahan yang terdiri dari mengetahui kesalahan mendeskripsikan mengklasifikasikan, dan menjelaskan faktor faktor kesalahan tersebut adapun teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dokumentasi pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan pada bacaan para santri terletak pada bidang fonologi, Faktor penyebab terjadinya kesalahan bacaan para santri salah satunya karena kurangnya pembelajaran ilmu tajwid, kurangnya penerapan ilmu tajwid, kurangnya praktek pelafalan bacaan al-qur'an yang benar dan para santri terlalu mengutamakan penambahan ayat Al-Qur'an. Adapun usaha yang bisa dilakukan untuk mengurangi kesalahan bacaan Al-Qur'an pada santri yaitu dengan cara diadakan jam khusus untuk praktek pelafalan huruf hijaiyah dengan benar, dan menuntut para santri untuk melafalkan bacaan Al-Qur'an secara tartil
Kata kunci: Analisis Kesalahan, Pondok Pesantre An-Nafi'iyah Sidoarjo,

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Ayu Rizky Fitratinayurizkyfn6@gmail.comA01217011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSodikin, Sodikinsodikinalwy@uinsby.ac.id0028117206
Subjects: Bahasa Arab
Qira'ah
Sastra
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: analisis kesalahan; pondok pesantren an-Nafi'iyah Sidoarjo,
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ayu Rizky Fitratin Nisa
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:40
Last Modified: 09 Dec 2022 01:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57723

Actions (login required)

View Item View Item