This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ningrum, Astri Widya (2022) Korelasi self-regulated learning dengan pemahaman konsep IPA peserta didik pada materi sistem gerak makhluk hidup di MTs Negeri 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Astri Widya_D0A218002.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan Self-Regulated learning peserta didik yang berdampak pada pemahaman konsep IPA peserta didik. Self-regulated learning merupakan kemampuan peserta didik untuk berperan aktif baik itu dalam metakognitif, perilaku dan motivasi pada proses pembelajaran. Maka dari itu kemampuan self-regulated learning penting dimiliki oleh peserta didik dalam memehami konsep belajarnya. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara self-regulated learning dengam pemahaman konsep IPA peserta didik khususnya pada materi sistem gerak makhluk hidup kelas VIII di MTs Negeri 3 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan memakai jenis korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 49 siswa. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui angket untuk mengetahui self-regulated learning peserta didik dan Tes Pemahaman konsep. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Pearson Product Momentdengan bantuan SPSS versi 22. Adapun hasil dari penelitain menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara kemampuan Self-Regulated learning dengan pemahaman konsep IPA peserta didikdan mendapat perolehan nilai Sign. < 0,05. Nilai korelasi (rxy) yang didapatkan sebesar 0,557. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat hubungan dari kedua variabel tersebut dalam kategori cukup kuat. Adapun untuk aspek dan strategi yang terlihat tinggi pada Self-regulated learning peserta didik yaitu pada aspek metakognitif bagian critical thinking.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Psikologi Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Self regulated learning; pemahaman konsep IPA | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Astri Widya Ningrum | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Nov 2022 07:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Nov 2022 07:54 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57738 |
Actions (login required)
View Item |