Korelasi self-regulated learning dengan pemahaman konsep IPA peserta didik pada materi sistem gerak makhluk hidup di MTs Negeri 3 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningrum, Astri Widya (2022) Korelasi self-regulated learning dengan pemahaman konsep IPA peserta didik pada materi sistem gerak makhluk hidup di MTs Negeri 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Astri Widya_D0A218002.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan Self-Regulated learning peserta didik yang berdampak pada pemahaman konsep IPA peserta didik. Self-regulated learning merupakan kemampuan peserta didik untuk berperan aktif baik itu dalam metakognitif, perilaku dan motivasi pada proses pembelajaran. Maka dari itu kemampuan self-regulated learning penting dimiliki oleh peserta didik dalam memehami konsep belajarnya. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara self-regulated learning dengam pemahaman konsep IPA peserta didik khususnya pada materi sistem gerak makhluk hidup kelas VIII di MTs Negeri 3 Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan memakai jenis korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 49 siswa. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui angket untuk mengetahui self-regulated learning peserta didik dan Tes Pemahaman konsep. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Pearson Product Momentdengan bantuan SPSS versi 22. Adapun hasil dari penelitain menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara kemampuan Self-Regulated learning dengan pemahaman konsep IPA peserta didikdan mendapat perolehan nilai Sign. < 0,05. Nilai korelasi (rxy) yang didapatkan sebesar 0,557. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat hubungan dari kedua variabel tersebut dalam kategori cukup kuat. Adapun untuk aspek dan strategi yang terlihat tinggi pada Self-regulated learning peserta didik yaitu pada aspek metakognitif bagian critical thinking.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningrum, Astri Widyaastriwidya36@gmail.comD0A218002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati L, Srisri_hidayati@uinsby.ac.id0925018203
Thesis advisorIndayati, TatikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Psikologi Belajar
Keywords: Self regulated learning; pemahaman konsep IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Astri Widya Ningrum
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:54
Last Modified: 02 Nov 2022 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57738

Actions (login required)

View Item View Item