Kolaborasi teknik thought stopping dan metode ketenangan jiwa untuk mengendalikan perilaku overthinking seorang remaja di Dukuh Karangan Wiyung Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Mohammad Zulhan Abdillah (2022) Kolaborasi teknik thought stopping dan metode ketenangan jiwa untuk mengendalikan perilaku overthinking seorang remaja di Dukuh Karangan Wiyung Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Zulhan Abdillah Putra_B93218147.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah: (1) Implementasi kolaborasi Teknik Thought Stopping dan Metode Ketenangan Jiwa untuk mengendalikan perilaku overthinking seorang remaja di Dukuh Karangan Wiyung Surabaya dan (2) Hasil kolaborasi Teknik Thought Stopping dan Metode Ketenangan Jiwa untuk mengendalikan perilaku overthinking seorang remaja di Dukuh Karangan Wiyung Surabaya. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik studi kasus untuk menjawab permasalahan diatas. Teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan perilaku konseli sebelum dan sesudah terapi thought stopping. Hasil akhir yang didapatkan adalah: (1) Langkah yang dilakukan pada teknik thought stopping adalah: Pertama, pemahaman. Kedua, mengidentifikasi dan menjelaskan pikiran. Ketiga, memilih dan mengurutkan pikiran. Keempat, memikirkan dan memunculkan pikiran. Kelima, menghentikan pikiran. Keenam, mengarahkan pikiran konseli. (2) Perilaku berfikir berlebihan konseli menjadi jarang dialami konseli, konseli juga tidak pernah berfikiran negatif, jarang merasakan cemas, jarang merasa khawatir, tidak takut pada hal-hal yang akan terjadi, jarang merasa stress dan juga masih sering mengalami insomnia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Mohammad Zulhan Abdillahb93218147@uinsby.ac.idB93218147
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyakur, Abd.akurasakur66@gmail.com2004076603
Subjects: Remaja
Keywords: Teknik thought stopping; metode ketenangan jiwa; perilaku overthinking
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Users 70766 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:01
Last Modified: 03 Nov 2022 07:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57777

Actions (login required)

View Item View Item