فوائد تأخير المبتدأ في سورة البقرة الكريمة

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

maulud, muhammad adam (2022) فوائد تأخير المبتدأ في سورة البقرة الكريمة. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Adam maulud_A91218101.pdf

Download (3MB)

Abstract

Surah albaqarah adalah surah terpanjang didalam alquran. Didalamnya banyak sekali keunikan keunikan tersendiri .dalam segi lafadz banyak bentuk bentuk yang tidak umum seperti mubtada yang biasanya selalu ada awal namun ada yang diakhirkan. Hal ini membuat penulis untuk meneliti lebih dalam tentang sebab dan faidahnya mubtada’ yang diakhirkan . Tujuan dari pada penulis untuk melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan teori mengenai mubtada’yang diakhirkan yang mencakup tentang sebab dan faidah mubtada’ yang diakhirkan. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu prosedur permasalahan yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menganalisis. Tahap penelitian ini adalah membaca dan memahami konsep-konsep atau teori yang berkaitan dengan ta’khir al mubtada. Mengumpulkan data berdasarkan referensi yang berhubungan dengan bahasan peneliti dan menyusun hasil penelitian secara sistematis yang akan disajikan dalam bentuk skripsi. Skripsi ini mengandung satu rumusan masalah yaitu apa faidah mengakhirkan mubtada didalam surah albaqarah aal karimah. Adapun hasil yang diperoleh oleh dari penelitian yang dilakukan penulis adalah terdapat 54 bentuk mubtada yang diakhirkan, sedangkan sebab / alasan tentang mengapa mubtada diakhirkan ditemukan sebanyak 2 sebab yaitu 1.mubtadanya berupa isim nakirah dan khobarnya berupa dhorof dan jer majrur 2. khobarnya berupa isim istifham, kemudian faidah yang diperoleh oleh penulis dalam menganalisis surah al-baqarah mengenai mubtada yang diakhirkan ada 2 faidah juga yaitu 1. Mentakhsis dengan mubtada 2. Pemberitahuan umum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
maulud, muhammad adamjauharulfirdaus123@gmail.comA91218101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNur mufid, mufidnurmufid@uinsby.ac.id196406201991031002
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Ta’khir almubtada; sebab; manfaat
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: muhammad adam maulud
Date Deposited: 09 Nov 2022 03:19
Last Modified: 09 Nov 2022 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57778

Actions (login required)

View Item View Item