Makna lirik lagu temma Covid-19 karya Iwan Fals semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Yasinta Roshela (2022) Makna lirik lagu temma Covid-19 karya Iwan Fals semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yasinta Roshela Sari_A04218022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kode pembacaan, makna denotatif, konotatif dalam lirik lagu tema Covid-19 karya Iwan Fals. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kode pembacaan, makna denotatif, dan makna konotatif yang terdapat dalam lirik lagu tema Covid-19 Karya Iwan Fals. Objek yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 yaitu objek material berupa lirik lagu tema Covid-19 karya Iwan Fals dan objek Penelitian formal berupa semiotika Roland Barthes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah dua lirik lagu tema Covid-19 karya para Iwan Fals. Sumber data sekunder diperoleh dari youtube, website, buku dan subjek lain yang menunjang penelitian ini. Peneliti menggunakan pendekatan teori semiotika Roland Barthes yang berkaitan dengan kode pembacaan, makna denotasi, makna konotasi yang terdapat dalam lirik lagu tema Covid-19. Hasil penelitian ini adalah pertama, pada setiap lirik lagu ditemukan kode lima kode pembacaan yaitu 1) kode hermenutik, 2) kode semik, 3) kode simbolik, 4) kode proaretik, dan 5) kode kultural. Kedua, bentuk makna denotasi dan makna konotasi yang kemudian memunculkan makna pada lirik lagu pertama yang berjudul “Bagimu” berupa makna apresiasi yang diberikan kepada para tenaga medis yang telah berjuang dalam membantu para korban yang terpapar virus Covid-19. Bukan hanya itu, ternyata lirik lagu tersebut merupakan sebuah sindiran yang diberikan kepada pemerintah agar tidak melupakan jasa pahlawan di masa pandemi yaitu para tenaga medis. Pada lirik lagu kedua yang berjudul “16/01” memunculkan makna berupa kritik sosial yang berkaitan dengan masalah-masalah yang muncul pada masa pandemi virus Covid-19 diantaranya yaitu masalah adu domba, ketidakadilan, masalah politik hingga masalah agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Yasinta Roshelayasintaroshelasari@gmail.comA04218022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRumilah, Sitist.rumilah@gmail.2012077601
Thesis advisorAtiqurrahman, Muhammadatiqurrahmann@uinsby.ac.id198809212019032009
Subjects: Bahasa Indonesia
Kesusastraan
Musik
Keywords: Covid-19; Lirik Lagu Iwan Fals; Semiotik Roland Barthes; Kode Pembacaan; Makna denotatif dan makna konotatif
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Yasinta Roshela Sari
Date Deposited: 09 Nov 2022 03:02
Last Modified: 09 Nov 2022 03:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57804

Actions (login required)

View Item View Item