Pengaruh regulasi emosi, mindfulness, academic self efficacy, dan dukungan sosial terhadap resiliensi siswa MAN Sidoarjo selama pembelajaran daring saat pandemi Covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Lista Nuri Imroatus (2022) Pengaruh regulasi emosi, mindfulness, academic self efficacy, dan dukungan sosial terhadap resiliensi siswa MAN Sidoarjo selama pembelajaran daring saat pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lista Nuri Imroatus Sholikhah_J71217076 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh antara regulasi emosi, mindfulness, academic self efficacy, dan dukungan sosial terhadap resiliensi siswa MAN Sidoarjo selama pembelajaran daring saat pandemi covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitia ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan SPSS dan SmartPLS dalam proses analisis data. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket kuesioner dengan skala regulasi emosi, skala mindfulness, skala academic self efficacy, skala dukungan sosial, skala reseiliensi siswa. Penelitian ini dilakukan di MAN Sidoarjo dengan jumlah subjek sebanyak 176 yang terdiri dari siswa kelas XI dan XII. Pemilihan subjek berdasarkan pengalaman yang telah diperoleh selama mengikuti pembelajaran daring di MAN Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara regulasi emosi terhadap resiliensi siswa yang ditunjukkan dengan nilai t-statistik sebesar 5,467 dan p-values sebesar 0,000. Mindfulness tidak berpengaruh terhadap resiliensi siswa yang dibuktikan dengan nilai t-statistik sebesar -0,067 dan p-values sebesar 0,620. Academic self efficacy tidak berpengaruh terhadap resiliensi siswa yang dibuktikan dengan nilai t-statistik sebesar 0,162 dan p-values sebesar 0,072. Dukungan sosial tidak berpengaruh terhadap resiliensi siswa yang dibuktikan dengan nilai t-statistik sebesar 0,314 dan p-values sebesar 0,088. Nilai R-square menunjukkan angka sebesar 0,429 sehingga regulasi emosi, mindfulness, academic self efficacy, dan dukungan sosial berpengaruh sebesar 42,9% terhadap resiliensi siswa MAN Sidoarjo selama pembelajaran daring saat pandemi covid-19. Sisanya yakni sebesar 57,1% resiliensi siswa dipengaruhi oleh variabel lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Lista Nuri Imroatuslista.sholikhah@gmail.comJ71217076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid@uinsby.ac.id2005027501
Subjects: Psikologi
Keywords: Regulasi emosi, mindfulness, academic self efficacy, dukungan sosial; resiliensi siswa
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Lista Nuri Imroatus Sholikhah
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:55
Last Modified: 07 Nov 2022 04:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57808

Actions (login required)

View Item View Item