Hubungan antara anxiety dengan academic buoyancy pada siswa MA Darul Ulum Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Nur Faizah Febryantina (2022) Hubungan antara anxiety dengan academic buoyancy pada siswa MA Darul Ulum Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Faizah Febryantina Putri _J71215132.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara anxiety dengan academic buoyancy pada siswa MA Darul Ulum Waru Sidoarjo. Academic buoyancy merupakan kemampuan siswa untuk secara efektif menghadapi dan mengatasi berbagai kemunduran maupun tantangan akademik sehari-hari yang tidak terduga dan tidak terhindarkan dalam kehidupan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis korelatif. Subjekpenelitian ini merupakan siswa MA Darul Ulum Waru Sidoarjo. Subjek bejumlah 115 siswa diambil berdasarkan teknik quota sampling dari total populasi.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala likert dengan skala pengukuran yang digunakan adalah skala Academic buoyancy dan skala Anxiety dengan bentuk kuisioner.Sedangkan untuk teknik analisi data menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara anxiety dengan academic buoyancy pada siswa MA Darul Ulum Waru Sidoarjo, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan nilai koefisiensi korelasi sebesar -0,508 yang berarti bahwa korelasi kedua variabel bersifat negatif (-), artinya semakin tinggi tingkat anxiety maka semakin rendah tingkat academic buoyancy, begitu pula sebaliknaya apabila semakin rendah anxiety maka semakin tinggi tingkat academic buoyancy nya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Nur Faizah Febryantinafebryan.putrii@gmail.comJ71215132
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBalgies, Soffysbalgies@yahoo.com2022097604
Subjects: Psikologi
Psikologi > Kecemasan
Psikologi Belajar
Keywords: anxiety; academic buoyancy; siswa
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Nur Faizah Febryantina Putri
Date Deposited: 04 Nov 2022 08:14
Last Modified: 08 Nov 2022 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57841

Actions (login required)

View Item View Item