This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Izzah, Aida Yaumil (2022) Pengaruh gratitude dan optimism terhadap subjective well-being mahasiswa yang bekerja. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Aida Yaumil Izzah_J71217052.pdf Download (2MB) |
Abstract
Subjecticve well-being adalah evaluasi kognitif dan afektif individu terhadap kehidupannya yang diukur dari kepuasan hidup, perasaan positif, dan perasaan negatif. Kondisi subjective well-being yang tinggi dibutuhkan mahasiswa pekerja untuk mengurangi perasaan negatif dan meningkatkan kualitas hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gratitude dan optimism terhadap subjective well-being mahasiswa yang bekerja. Subjek dalam penelitian ini sejumlah 250 mahasiswa di Surabaya yang kuliah sambil bekerja. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Terdapat empat instrument yang digunakan yaitu Satisfaction with Life Scale (SWLS), Scale of Positive and Negative Experience (SPANE), Gratitude Questionnaire (GQ-6), dan Life Orientation Test-Revised (LOT-R). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gratitude dan optimism masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terbentuknya subjective well-being. Demikian pula dengan gratitude dan optimism yang secara bersama-sama berpengaruh terhadap subjective well-being.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Perguruan Tinggi | ||||||||
Keywords: | Subjective well-being; gratitude; optimism | ||||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi | ||||||||
Depositing User: | Aida Yaumil Izzah | ||||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2022 06:22 | ||||||||
Last Modified: | 09 Nov 2022 06:22 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57872 |
Actions (login required)
View Item |