Dampak pemberian feedback terhadap pemahaman konsep matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Alfiatus (2022) Dampak pemberian feedback terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfiatus Sholikhah_D04216001 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Umpan balik (feedback) adalah tindakan guru untuk membantu siswa memahami hasil belajarnya yang masih salah atau kurang tepat dan seharusnya dikuasai siswa. Umpan balik dilakukan dengan memberikan keterangan benar atau salah pada lembar jawaban siswa, kemudian tindak lanjutnya dapat berupa penjelasan mengenai jawaban yang benar. Upaya guru dalam memberikan umpan balik dapat berupa peningkatan kepercayaan diri dan pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan feedback pada pembelajaran matematika dan mendeskripsikan dampak feedback terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang diambil dalam penelitian adalah 4 siswa kelas VIII-A MTs. Hasanuddin Pulorejo yang dipilih berdasarkan rekomendasi dari guru matematika dan juga mempertimbangkan rangking siswa dalam mata pelajaran matematika. Subjek diambil 2 siswa SF dan 2 siswa SN. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah obervasi dan tes. Analisis dilakukan dengan cara mengklasifikasikan hasil tes pemahaman konsep siswa masing-masing subjek berdasarkan tiga level pemahaman konsep. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, keterlaksanaan pemberian feedback terlaksana dengan baik terbukti dengan terpenuhinya semua aspek dalam observasi aktivitas guru. Pemahaman konsep matematika siswa tanpa pemberian feedback berada pada level pemahaman yaitu menerjemahkan (translation) sedangkan pemahaman konsep matematika siswa dengan pemberian feedback berada pada level mengekstrapolasi (extrapolation).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Alfiatussholikhahalfiatus@gmail.comD04216001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Belajar
Matematika
Pendidikan
Keywords: Feedback; pemahaman; konsep
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Alfiatus Sholikhah
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:23
Last Modified: 07 Nov 2022 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57879

Actions (login required)

View Item View Item