Agama dan budaya: studi tradisi mitoni di Gunung Anyar Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tofani, Muhammad Kharis (2022) Agama dan budaya: studi tradisi mitoni di Gunung Anyar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Kharis Tofani_E02217024 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu ritual tradisi dalam adat Jawa yang saat ini diyakini oleh masyarakat Jawa yang ada di Gunung Anyar yaitu ritual Mitoni . Mitoni merupakan upacara yang dilakukan oleh ibu yang sedang mengandung anak pertama pada usia kandungan yang memasuki tujuh bulan. Siklus kehidupan yang akan lahir kedunia dalam masyarakat Jawa digunakan untuk menghadapi tahap kelahiran, dimana upacara Mitoni dianggap sakral sehingga masih dilakukan saat bayi masih berada dalam kandungan dan pada usia tujuh bulan sampai saat ini.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang prosesi dan makna Tradisi Mitoni di Gunung Anyar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat dekriptif dengan teknik pengumpulan data, wawancara, dan observasi. Sumber data yang digunakan adalah para informan yang baik yang terlibat ataupun yang dianggap mengerti tentang tradisi mitoni. Pengamatan ini dilakukan terhadap nilai simbolisme dalam bentuk, makna, dan fungsi dari masing-masing prosesi ataupun perlengkapan di masyarakat Gunung anyar, sehingga ditemukan nilai-nilai simbolisme yang menjadi bahan penelitian. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan Teori Clifford Geertz. Hasil dari penelitian ini, masyarakat melakukan upacar mitoni di saat calon ibu mengandung anak pertama. Kajian simbiolisme tatacara upacara mitoni meliputi hal apa saja yang harus di penuhi seperti sesajen atau makanan yang di suguhkan lalu proses upacara dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran dan deskripsi tentang makna simbol yang ada didalan upacara tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tofani, Muhammad Kharismuhammadkharistofani@gmail.comE02217024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosidah, Feryani Umiferyani66@gmail.com2008026901
Subjects: Budaya - Agama
Keywords: Agama; tradisi mitoni; interpretatif
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: kharis tofani
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:55
Last Modified: 14 Nov 2022 05:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57899

Actions (login required)

View Item View Item