Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB) dalam pengembangan keprofesian guru di SMP Nurul Islam Lumajang dan SMP Al Maliki Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khismailah, Dwi (2022) Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB) dalam pengembangan keprofesian guru di SMP Nurul Islam Lumajang dan SMP Al Maliki Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Khismailah_D93218081 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB) SMP Nurul Islam dan SMP Al Maliki Lumajang, Pengembangan Keprofesian Guru SMP Nurul Islam dan SMP Al Maliki Lumajang, dan Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB) Dalam Pengembangan Keprofesian Guru di SMP Nurul Islam dan SMP Al Maliki Lumajang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain studi multisitus. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Operator Sekolah, Guru, dan Admin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk menganalisis data, dan triangulasi dalam menguji keabsahan data. Dari temuan penelitian dan pembahasan, skripsi ini dapat dideskripsikan bahwa (1) Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB) SMP Nurul Islam dan SMP Al Maliki Lumajang, sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan SIM PKB, dan indikator keberhasilan SIM, perbedaan antara kedua sekolah ini terletak pada keunggulan penggunaan SIM PKB, dan Faktor Penghambat dalam penggunaan SIM PKB. (2) Pengembangan Keprofesian Guru SMP Nurul Islam dan SMP Al Maliki Lumajang, sudah baik karena sudah dapat memenuhi aspek indikator pengembangan keprofesian guru. Bentuk pengembangan keprofesian meliputi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), mengikuti seminar, mengikuti pendidikan dan Latihan (Diklat). Adapun perbedaan pengembangan keprofesian guru di SMP Nurul Islam dan SMP Al Maliki Lumajang yaitu factor pendukung dalam proses pengembangan keprofesian guru dan manfaat yang diperoleh selama mengikuti pengembangan keprofesian guru. (3) Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB) Dalam Pengembangan Keprofesian Guru di SMP Nurul Islam dan SMP Al Maliki Lumajang, sudah baik karena telah memenuhi indikator. Adapun perbedaan yang ada antara SMP Nurul Islam dan SMP Al Maliki Lumajang adalah hambatan dalam mengakses SIM PKB dalam pengembangan keprofesian Guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khismailah, Dwidwiksm223@gmail.comD93218081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa'arif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Guru
Informasi
Keywords: Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIM PKB); pengembangan keprofesian guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dwi Khismailah
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:46
Last Modified: 07 Nov 2022 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57906

Actions (login required)

View Item View Item