Konflik interaksi sosial masyarakat di desa Sukodadi rt02 rw01 kecamatan Paiton kabupaten Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidah, Nurur Rifqotul (2022) Konflik interaksi sosial masyarakat di desa Sukodadi rt02 rw01 kecamatan Paiton kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurur Rifqotul Maulidah_E72218046.pdf

Download (4MB)

Abstract

Keadaan wilayah desa Sukodadi RT02 RW01 kecamatan Paiton kabupaten Probolinggo mengalami permasalahan isu sosial yang diakibatkan musala-musala yang berkontestasi di wilayah tersebut. Kondisi awal wilayah yang menjadi tempat penelitian merupakan sebuah wilayah kelurahan dengan kepemilikan sebanyak sepuluh musala dalam jarak yang berdekatan. Musala-musala menurut pandangan warga di sana merupakan tempat peribadatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sembari menjadi terpat peribadatan musala juga digunakan warga sekitar sebagai media untuk menapung acara-acara tertentu sesuai dari kebutuhan para masyarakat di wilayah desa Sukodadi RT02 RW01. Musala dan sistem kemasyarakatan di wilayah tersebut memiliki keterikatan dalam membentuk sebuah lingkungan yang nyaman bagi seluruh warganya. Akan tetapi kondisi yang diharapkan mengalami permasalahan dengan timbulnya konflik sosial antar masyarakat dengan di latar belakangi oleh kontestasi musala. Bentuk batasan permasalahan yang menjadi fokus penelitian berupa bentuk kontestasi musala serta konflik sosial yang berhubungan dengan pola interaksi masyarakat di desa Sukodadi RT02 RW01. Jawaban dari bentuk permasalahan tersebut berada pada tujuan penelitian yang dilanjutkan pada tahapan-tahapan selanjutnya. Penelitian mengenai kontestasi mushola dan konflik interaksi masyarakat di tinjau dengan kerangka teoritik milik Lewis Coser dengan berbagai prespektif pemikirannya dalam menyajikan bahasan deskriptif untuk meninjau lebih jauh mengenai pendefinisian konflik sosial sebagai persetujuan bersama bagi masyarakat yang berselisih. Hal-hal lain mengenai pendefinisian serta kedudukan konflik pada kehidupan kemasyarakatan merupakan hal penting dalam mendalami kelanjutan dari perkembangan konflik di lingkungan penelitian. Kajian teori mengenai konflik interaksi sosial pada warga di desa Sukodadi RT02 RW01 adalah pada fungsional konflik yang dikembang oleh Coser sendiri. Penyajian data penelitian dilakukan secara rinci mengenai posisi-posisi musala yang berkontestasi. Kemudian dilanjutkan dengan data mengenai struktur sosial kemasyarakatan warga di desa Sukodadi RT02 RW01 yang sekaligus berperan sebagai pemiliki dari musala-musala di wilayah tersebut. Data penelitian kemudian dilanjutkan dalam tahap analisis data tentang keterkaitannya dengan konflik interaksi sosial yang terjadi. Bahasan mengenai pemasalahan masyarakat diulas dengan prosedur teori konflik sosial dan tahapan-tahapan penyelesaian lainnya. Hasil akhir dari penelitian mengenai kontestasi mushola dan konflik interaksi sosial masyarakat di desa Sukodadi RT02 RW01 Kecamatan Paiton Kabupaten Probolingo di dapatkan peneliti sebagai tujuan akhir dari penelitian berupa proses pengembalian stabilitas lingkungan dan masyarakat desa Sukodadi RT02 RW01

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidah, Nurur Rifqotulrifqotulmaulidah@gmail.comE72218046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id2009087702
Subjects: Budaya - Agama
Sosiologi Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Konflik masyarakat; interaksi; sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Nurur Rifqotul Maulidah
Date Deposited: 22 Nov 2022 03:04
Last Modified: 22 Nov 2022 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57916

Actions (login required)

View Item View Item