Narasi moderasi beragama di ruang digital: telaah portal IBTimes.id perspektif teori framing Robert N. Entman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Zun Uswatun (2022) Narasi moderasi beragama di ruang digital: telaah portal IBTimes.id perspektif teori framing Robert N. Entman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zun Uswatun Khasanah_E91218107.pdf

Download (3MB)

Abstract

Diskursus keagamaan khususnya Islam yang selama ini telah banyak di temui di ruang publik secara fisik telah melibatkan banyak ormas Islam di Indonesia, dibarengi dengan pesatnya perkembangan arus teknologi media kontemporer, diskursus tersebut berpindah ke ruang digital. Ruang digital menjadi wadah baru bagi para pegiat media online untuk menyebarkan pemikiran keagamaan di dunia maya sesuai dengan corak ideologi yang melatarbelakanginya. Ironisnya ruang digital saat ini dipenuhi dengan berbagai tipologi keagamaan konservatif, liberal, Islamis, moderat hingga radikal dan ekstremis. Pandangan radikal ektremis dan konservatif yang mengkhawatirkan telah mendominasi ruang digital saat ini. merespon dari fenomena tersebut penelitian skripsi ini membahas tentang bagaimana representasi peran ideologi media IBTimes.id dan kontribusi IBTimes.id sebagai portal keislaman moderat ikut serta dalam menyuarakan narasi moderasi beragama di ruang digital dengan tema “Cerdas Berislam” yang diusungnya. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif dengan mengambil sumber data primer berupa artikel dari portal IBTimes.id, dan sumber data sekunder dari jurnal, buku, skripsi tesis dan laporan lainnya yang terkait dengan penelitian ini. Peneliti menelaah terkait sebuah tulisan, hingga sudut pandang seperti apakah yang dipakai media dalam mengemas artikel tentang narasi moderasi beragama yang dimuat pada laman IBTimes.id. Berbekal pada teori framing Robert N. Entman, dengan empat perangkat frame yaitu: define problems, diagnose causes, make moral judgement, treatment recommendation. Hasil dari penelitian ini menemukan pembingkaian narasi moderasi beragama dalam artikel IBTimes.id dipengaruhi oleh islam moderat ala Muhammadiyah. Pada pendefinisian masalah IBTimes.id merespon atas masifnya paham radikalisme-ekstremisme, dan paham konservatif di ruang digital. Hadirnya paham moderasi sebagai make moral judgement yang ditekankan oleh IBTimes.id sebagai bentuk akan pentingnya literasi media. IBTimes.id membingkai artikel-artikelnya dengan menyuguhkan solusi perspektif moderat dan strategi moderasi beragama dalam setiap permasalahan yang terjadi dalam dunia pemikiran. Sehingga IBTimes.id mampu menjadi media alternatif ataupun partner bagi umat beragama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Zun Uswatunzunuswa@gmail.comE91218107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@yahoo.com0704067302
Subjects: Fasilitas Umum
Toleransi Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: moderasi beragama; IBTimes.id; ruang digital; framing
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Zun Uswatun Khasanah
Date Deposited: 08 Nov 2022 06:55
Last Modified: 08 Nov 2022 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57926

Actions (login required)

View Item View Item