Citra perempuand dihadapan laki-laki menurut Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IV dalam Serat Darmawasita

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofikoh, Dwi (2022) Citra perempuand dihadapan laki-laki menurut Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IV dalam Serat Darmawasita. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Rofikoh_A02217013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini memiliki fokus kajian tentang; (1) Latar belakang berdirinya Pura Mangkunegaran, (2) Riwayat hidup dan karya-karya K.G.P.A.A. Mangkunegara IV, (3) Citra perempuan dihadapan laki-laki menurut K.G.P.A.A. Mangkunegara IV. Penelitian ini disusun menggunakan metode sejarah yang terdiri dari heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Sebagai alat analisis, penelitian ini menggunakan analisis gender dari Caroline O.N. Moser, kemudian menggunakan pendekatan emik, yakni sudut pandang yang dilihat melalui studi kepribadian dan perilaku dari dalam budaya itu sendiri (native point of view). Dari proses analisis dapat disimpulkan bahwa, (1) Pura Mangkunegaran merupakan tempat ditulisnya Serat Darmawasita yang berdiri setelah adanya perjanjian Salatiga, yakni bertepatan pada 17 Maret 1757 M. (2) K.G.P.A.A. Mangkunegara IV adalah pemimpin Pura Mangkunegaran pada tahun 1857-1881 M dan juga seorang pujangga yang menulis Serat Darmawasita. (3) Citra perempuan dihadapan laki-laki menurut Mangkunegara IV terbagi menjadi dua, yakni, citra psikis atau kejiwaan yaitu gambaran mengenai perempuan yang dilihat dari segi psikologi seperti mental, moral, sifat, perilaku, tingkat kecerdasan dan citra sosial yaitu gambaran tentang perempuan yang dilihat dari segi sosiologis seperti pekerjaan, jabatan, kepercayaan, bangsa, suku, ideologi, tingkat pendidikan dan peran dalam masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofikoh, Dwirofikohdwi99@gmail.comA02217013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com195904061987031004
Thesis advisorRochimah, Rochimahochimahzaenal@gmail.com196911041997032002
Subjects: Antropologi Budaya
Kebudayaan Jawa
Manuskrip
Keywords: Serat Darmawasita; genderl; nilai moral; citra perempuan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Dwi Rofikoh
Date Deposited: 09 Nov 2022 15:09
Last Modified: 09 Nov 2022 15:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57985

Actions (login required)

View Item View Item