Prinsip mengasuh anak menurut Elly Risman Musa: analisis relevansinya dengan pendidikan anak usia dini

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muna, Ima Faizul (2022) Prinsip mengasuh anak menurut Elly Risman Musa: analisis relevansinya dengan pendidikan anak usia dini. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ima Faizul Muna_D99217065.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya fenomena dan tantangan menjalani peran sebagai orang tua dalam mendidik anak pada zaman yang serba maju. Orang tua memiliki peran penting pada anak sebagai madrasah pertama di kehidupan mereka. Perkembangan perilaku dan karakter anak juga bergantung pada gaya pengasuhan yang diterapkan. Elly Risman Musa adalah seorang psikolog spesialis pengasuhan yang memberi gambaran mengenai peran orang tua pada anak. Dalam penelitian ini peneliti merumuskan masalah tentang prinsip pengasuhan Elly Risman, relevansi pengasuhan terhadap pendidikan anak, kelebihan dan kelemahan prinsip pengasuhan sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prinsip pengasuhan Elly Risman, mendeskripsikan relevansi pengasuhan terhadap pendidikan anak, serta mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan prinsip pengasuhan dalam keluarga. Selain itu, manfaat dari penelitian ini untuk memberikan pengetahuan tentang prinsip mengasuh anak. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis library research (penelitian kepustakaan) yaitu sebuah penelitian yang memiliki tujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi mengenai analisis terhadap isi dalam buku. Sedangkan untuk teknik analisis yaitu menggunakan analisis konten. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari literatur yang berkaitan dengan tema, yaitu buku berupa kisah kepengasuhan berjudul ilmu memeluk anak, dan data sekunder yaitu sumber data berupa kumpulan karya atau literatur buku lainnya dalam batas relevansinya dengan permasalahan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip pengasuhan menurut Elly Risman adalah keterampilan emosi, wawasan agama serta psikologi dalam menjadi peran sebagai pendidik atau orang tua. Relevansi pengasuhan terhadap anak yakni dapat berupa kasih sayang, pendidikan agama yang bersifat alamiah untuk dapat dikembangkan dalam lingkup keluarga dan sekolah serta untuk kehidupan anak. Kelebihan pengasuhan dalam penelitian ini yaitu sebagai orang tua dapat mengetahui, mengerti serta memahami sebagai pemandu untuk anak. Sedangkan kelemahannya yaitu anak sedikit bergantung terhadap orang lain. Dengan demikian anak akan dapat tumbuh dan berkembang, memilah baik dan buruk, sekaligus dapat membentengi diri dalam kesiapan menghadapi perubahan dan perkembangan zaman saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muna, Ima Faizulimafaizulmuna@gmail.comD99217065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Psikologi > Psikologi Anak
Pendidikan > Pendidikan Anak
Orang tua dan Anak
Keywords: Pengasuhan; Pendidikan Anak; Pendidikan Keluarga
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ima Muna
Date Deposited: 16 Nov 2022 01:11
Last Modified: 16 Nov 2022 01:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57989

Actions (login required)

View Item View Item