Pola kerjasama guru dan orangtua pada masa pandemi covid-19 dalam memotivasi belajar anak usia dini di Raudhatul Athfal Sekolah Assalam Kreativa kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatika, Jihan Savira (2022) Pola kerjasama guru dan orangtua pada masa pandemi covid-19 dalam memotivasi belajar anak usia dini di Raudhatul Athfal Sekolah Assalam Kreativa kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jihan Savira Rahmatika_D99217069.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kerjasama antara guru dan orangtua dalam memotivasi belajar anak pada masa pandemi COVID-19 sangat dibutuhkan dan diperlukan bagi anak apalagi pembelajaran pada masa pandemi dilakukan secara daring. Peran guru dan orangtua demi keberlangsungan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring sangat penting bagi motivasi belajar anak. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di RA Sekolah Assalam Kreativa pola kerjasama guru dan orangtua dalam memotivasi belajar anak kurang terjalin dengan baik karena kurangnya komunikasi secara langsung dikarenakan masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) bagaimana pola guru dan orangtua di RA Sekolah Assalam Kreativa pada masa pandemi COVID-19. 2) bagaimana guru dan orangtua di RA Sekolah Assalam Kreativa memotivasi belajar anak pada masa pandemi COVID-19. 3) faktor pendukung dan penghambat bagi guru dan orangtua dalam memotivasi belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola kerjasama dan juga bagaimana cara guru dan orangtua memotivasi belajar dan juga mengetahui faktor pendukung dan penghambat di RA Sekolah Assalam Kreativa dalam memotivasi belajar anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan semua peristiwa yang terjadi dengan pendekatan studi kasus (case study). Hasil penelitian yakni dengan mengumpulkan data dengan cara observasi lalu dilanjutkan dengan wawancara dan juga, dokumentasi secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar anak di latarbelakangi oleh guru dan orangtua yang bekerjasama dalam memotivasi belajar baik pemberian motivasi dari dalam (intrinsik) ataupun pemberian motivasi dari luar (ekstrinsik). Oleh karena itu kerjasama guru dan orangtua sangat penting dalam memotivasi belajar dengan banyak faktor pendkung dan juga penghambat yang dirasakan guru ataupun orangtua pada masa pandemi COVID-19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatika, Jihan Savirajihansavirarahmatika@gmail.comD99217069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorDwjo, Al Qudus Nofiandri Eko Suciptjo----
Subjects: Guru
Motivasi Belajar
Keywords: Pola Kerjasama Guru dan Orangtua; Pandemi COVID-19; Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Jihan Savira Rahmatika
Date Deposited: 11 Nov 2022 03:58
Last Modified: 11 Nov 2022 03:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57998

Actions (login required)

View Item View Item