Relevansi sholawat pada regulasi diri jama’ah Al-Hijrah gubeng

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachman, Aziz Arif (2022) Relevansi sholawat pada regulasi diri jama’ah Al-Hijrah gubeng. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aziz Arif Rachman_E07215003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pegaruh dan hubungan shalawat pada psikis khususnya terhadap regulasi diri pada jamaah shalawat Al-Hijrah Gubeng. Adapun permasalahan penting yang perlu dijawab dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana relevansi shalawat pada psikis?; (2) Bagaimana relevansi shalawat pada regulasi diri pada jamaah shalawat al-Hijrah Gubeng?. Penelitian ini menggunakan model kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi di lokasi, serta penelusuran dokumen yang relevan dengan judul penelitian. Kemudian diolah dengan pengolahan data lalu disajikan dalam bentuk narasi dan deskripsi, terakhir diambil kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, Dapat di ketahui bahwa shalawat memberi pengaruh yang signifikan bagi jiwa khusunya pada jamaah shalawat al- Muhajirin Jojoran. Terbukti bahwa saat mengikuti majelis, jamaah merasa jiwanya tenang dan damai, terhindar dari rasa cemas, gelisah dan gundah. Sehingga dapat lebih tenang dalam menghadapi kehidupan yang komplek dengan problematikanya.. Kedua, shalawat sangat relevan sebagai media penyelesaian problematika hidup pada jamaah shalawat al-Muhajirin Jojoran. Dalam analisis ini dapat di tarik dengan studi teori regulasi diri yang ada dalam studi kejiwaan kemudian disinkronkan dengan proses yang dilakukan jamaah shalawat Al-Muhajirin Jojoran. Secara spesifik, jamaah telak melakukan tahap-tahap yang bisa dikatakan memiliki kemiripan bahkan sesuai dengan proses regulasi diri dari teori kejiwaan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachman, Aziz Arifazizrachman04@gmail.comE07215003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@uinsby.ac.id2019107701
Subjects: Spiritualisme
Keywords: Logoterapi; Psikoterapi; Gangguan Jiwa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Aziz Arif Rachman
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:52
Last Modified: 17 Nov 2022 03:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58001

Actions (login required)

View Item View Item