Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi kelas IX di SMPN 11 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Vera Nur (2022) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi kelas IX di SMPN 11 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vera Nur Aini_D0A218022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada siswa kelas IX di SMPN 11 Gresik. Hal ini disebabkan karena model pembelajran yang diterapkan adalah model konvensional yang hanya berpaku pada ceramah saja, khusunya pada materi sistem reproduksi, sehingga menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar IPA pada siswa. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan perbaikan pada proses pembelajaran yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Fokus penelitian ini yaitu mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dalam pembelajaran IPA terkhusus materi sistem reproduksi pada siswa kelas IX di SMPN 11 Gresik. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) dalam proses belajar IPA materi sistrem reproduksi pada siswa kelas IX di SMPN 11 Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif memakai jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Teknik pengumpulan data penelitian ini yakni melalui tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi kurang dari nilai alpha yaitu 0,001 < 0,05. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA materi sistem reproduksi pada siswa kelas IX di SMPN 11 Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Vera Nurveranuraini29@gmail.comD0A218022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorUmmah, Khoirotulummah3005@gmail.com2030059104
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Efektivitas; Model Pembelajaran; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Vera Nur Aini
Date Deposited: 11 Nov 2022 06:41
Last Modified: 11 Nov 2022 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58003

Actions (login required)

View Item View Item