Analisis kualitas fisika, kimia, dan mikrobiologis es batu rumahan, balok, dan kristal di gang lebar Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azhari, Anisa Shofiyana (2022) Analisis kualitas fisika, kimia, dan mikrobiologis es batu rumahan, balok, dan kristal di gang lebar Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisa Shofiyana Azhari_H01218002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Es batu merupakan suatu produk yang biasanya digunakan untuk tambahan pada minuman agar menjadi dingin dan rasanya menjadi segar. Apabila es batu telah tercemar oleh senyawa kimia maupun mikroorganisme, akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan bagi yang mengkonsumsinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas es batu berdasarkan parameter fisik, kimia, dan mikrobiologis es batu di Gang Lebar, Wonocolo, Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional. Parameter fisik es batu diamati warna, bau dan rasa. Parameter kimia yang dianalisis adalah Fe dan pH. Parameter mikrobiologis diuji dengan Total Plate Count (TPC), Most Probable Number (MPN), dan uji cemaran Salmonella. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengamatan parameter fisik warna es batu didapatkan 1 sampel es batu yang memenuhi syarat mutu SNI 3839:2019, yaitu sampel es kristal, pada pengamatan fisik bau dan rasa didapatkan 1 sampel yang tidak memenuhi, yaitu sampel es balok. Pada analisis parameter kimia pH dan Fe didapatkan hasil semua sampel telah memenuhi syarat mutu SNI 3839:2019 pada uji pH, sedangkan pada uji Fe, semua sampel dinyatakan tidak memenuhi syarat dengan nilai tertinggi 9,88 mg/L pada sampel es rumahan dan 9,56 mg/L pada es balok. Pada analisis mikrobiologis es batu, didapatkan hasil 1 sampel tidak memenuhi syarat mutu SNI 3839:2019 pada uji TPC, yaitu es balok dengan nilai 3,90X104 Koloni/mL, pada uji MPN koliform dinyatakan 1 sampel memenuhi syarat mutu dengan nilai 7 APM/100mL pada sampel es kristal. Pada uji cemaran Salmonella didapatkan hasil 1 sampel positif mengandung Salmonella, yaitu pada sampel es balok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azhari, Anisa Shofiyanaanisaazhari28@gmail.comH01218002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTyastirin, Estiesty@uinsby.ac.id2024068702
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id2006089002
Subjects: Biologi
Fisika
Kimia
Keywords: es batu; fe; MPN; parameter fisika; pH; salmonella; TPC
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Anisa Shofiyana Azhari
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:20
Last Modified: 14 Nov 2022 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58026

Actions (login required)

View Item View Item