Strategi guru dalam membentuk karakter disiplin pada siswa Kelas IV MIN 2 Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izziyah, Izza (2022) Strategi guru dalam membentuk karakter disiplin pada siswa Kelas IV MIN 2 Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izza Izziyah_D07218012 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan karakter disiplin dimana sekolah ini dipandang perlu untuk meningkatkan kualitas pendidikan sebagai sarana dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Dari sini diperlukan membentuk pribadi siswa dalam mengendalikan diri. Sikap disiplin sangat diperlukan agar siswa mempunyai tanggung jawab dan melaksanakan tugasnya sebagai pelajar sehingga memacu minat belajar siswa yang tinggi dan mempengaruhi pribadi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan strategi guru dalam membentu karakter disiplin pada siswa kelas IV MIN 2 Mojokerto, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam membentuk karakter disiplin pada siswa kelas IV MIN 2 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti adalah pembentukan karakter disiplin pada siswa kelas IV MIN 2 Mojokerto. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah yaitu reduksi data, Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Strategi guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas IV baik ketika pembelajaran maupun diluar kelas adalah keteladanan, pembiasaan modeling, dan pemberian sanksi. 2) Faktor pendukung dalam membentuk karakter disiplin kelas IV MIN 2 Mojokert adalah adanya kontrol dari kepala sekolah, adanya kekompakan dari para guru, adanya peran aktif dari orang tua siswa, kesadaran para siswa, adanya kekompakan dari masyarakat sekitar. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pengaruh lingkungan keluarga yang kurang bisa memperhatikan anaknya dan kurangnya kesadaran pada siswa mengenahi pentingnya karakter disiplin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izziyah, Izzaizzaizziyah27@gmail.comD07218012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSulthon, Mas'udsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Thesis advisorBahri, Musthofabahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan
Keywords: Strategi; karakter disiplin
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: izza izziyah
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:20
Last Modified: 16 Nov 2022 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58042

Actions (login required)

View Item View Item