Implementasi nilai modernisasi dalam buku Dekonstruksi Teks dan Transformasi Agama karya Sumanto Al Qurtuby: analisis hermeneutika Hans-Geog Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Awaludin, Ahmad Fani (2022) Implementasi nilai modernisasi dalam buku Dekonstruksi Teks dan Transformasi Agama karya Sumanto Al Qurtuby: analisis hermeneutika Hans-Geog Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Fani Awaludin_E91218066 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi nilai modernisasi dalam lingkup keislaman tentunya (Indonesia atau yang lainnya). Modernisasi dalam hal pemikiran, toleransi, pluralism, etika dan lain-lain, terutama dalam memahami lingkungan yang notabenya Islam dalam hal beragama yang baik, dalam lingkungan Islam yang sering sekali terjadi kerusuhan antar agama, kelompok, etnis, mazhab, organisasi dan sebagainya terlebih lagi yang mengatasnamakan agama yang menjadi prioritas. Dalam kategori ini, buku karya Sumanto al-Qurtuby yang berjudul “Dekonstruksi Teks dan Transformasi Agama” menantang untuk dikaji, mengingat buku yang banyak berbica tentang sebuah modernisasi, bagaimana implementasinya dalam kehidupan masyarakat yang majemuk ini, dan pentingnya melakukan sebuah dekonstruski, teks, wacana, tradisi keagamaan. Untuk bagian analisis peneliti menggunakan teori hermeneutika Hans Georg Gadamer. Dalam penelitian ini permasalahan utamanya adalah; Pertama, bagaimana implementasi nilai modernisasi yang terdapat dalam buku “Dekonstruksi Teks dan Transformasi Agama” (yaitu tentang dekonstruksi terhadap teks pada ayat Al-Qur’an bagaimana agar sejalan dengan ketentuan zaman dalam memahaminya). Karya Sumanto al-Qurtuby; Kedua, bagaimana makna hermeneutika dari implementasi nilai-nilai modernisasi dalam buku Dekonstruksi Teks dan Transformasi Agama ditinjau menurut Hermeneutika Hans-Georg Gadamer. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan Library Research sebagai metode. Hasil penelitian kali ini didapatkan melalui ungkapan Sumanto al-Qurtuby yang dapat dilihat melalui bab apendiks tersebut, disana membicarakan tentang bagaimana konsep kehidupan yang sebenarnya dengan berpegang teguh pada kebersamaan baik antar agama, etnis, organisasi atau yang lain. Ungkapan modernisasi dalam upaya implementasi tersebut tentang sebuah penerapan kebaikan atas masyarakat, dalam upaya menerapkan etika, budi pekerti dalam memahami suatu perbedaan atas hermeneutika Gadamer.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Awaludin, Ahmad Faniahmadblackant3@gmail.comE91218066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFikri, Mahzumifikrimazhumi@uinsby.ac.id198204152015031001
Subjects: Pembaruan
Pluralisme
Toleransi
Keywords: Implentasi nilai modernisasi; hemeneutika Gadamer; dekonstruksi teks dan transformasi agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ahmad Fani Awaludin
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:40
Last Modified: 16 Nov 2022 02:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58071

Actions (login required)

View Item View Item