Strategi guru dalam mengelola pembelajaran kelas inklusi di kelompok A TK Aurica Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indana, Hilya (2022) Strategi guru dalam mengelola pembelajaran kelas inklusi di kelompok A TK Aurica Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hilya Indana_D79218029.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sekolah inklusi adalah sekolah yang menggabungkan antara anak reguler dan ABK dalam satu kelas. Untuk mendapatkan proses pembelajaran yang efektif maka dibutuhkan strategi mengelola pembelajaran yang baik seperti bagaimana strategi guru dalam menyusun rencana pembelajaran, strategi mengelola proses pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengelola pembelajaran kelas inklusi yang terdiri dari: proses merencanakan pembelajaran, pengelolaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran di kelas inklusi kelompok A TK Aurica Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas A, dan guru pembimbing khusus. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Hubermans yang prosesnya dimulai dari reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi yakni triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam menyusun perencanaan pembelajaran kelas inklusi yang adalah dengan melakukan observasi awal kepada siswa agar perencanaan kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan siswa. Selanjutnya guru menentukan tujuan pembelajaran, dan menyusun program semester yang berisi kegiatan-kegiatan siswa. (2) Pengelolaan pembelajaran yang ada di kelas inklusi dilakukan dengan kegiatan pembukaan, inti, dan penutup. dalam proses pembelajaran, terdapat modifikasi materi dan proses pembelajaran untuk siswa PDBK, adanya alat bantu khusus siswa ABK untuk membantu siswa mengikuti pembelajaran, dan melibatkan tutor sebaya saat pembelajaran di kelas untuk mengkondisikan dan membantu ABK dalam proses pembelajaran. (3) Evaluasi pembelajaran yang ada di TK Aurica Surabaya dilakukan setiap hari dengan melihat dan memantau kegiatan belajar semua siswa dengan mempertimbangkan aspek penilaian hasil kerja, hasil karya, kemandirian, sopan santun, mampu bersosialisasi, dan berkomunikasi yang dituangkan dalam bentuk catatan anekdot, yakni guru menjelaskan kepada orang tua tentang perkembangan siswa pada hari itu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indana, Hilyahilya.indana@gmail.comD79218029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Guru
Manajemen Strategi
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Strategi; guru; pembelajaran; inklusi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hilya Indana
Date Deposited: 15 Nov 2022 03:16
Last Modified: 15 Nov 2022 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58075

Actions (login required)

View Item View Item