Analisis before after rumah gemilang Indonesia (rgi) sebagai solusi pengentasan pengangguran usia produktif: studi kasus kelas rekayasa perangkat lunak (rpl) lembaga amil zakat (laz) al-azhar Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zubairi, Ach Faris (2022) Analisis before after rumah gemilang Indonesia (rgi) sebagai solusi pengentasan pengangguran usia produktif: studi kasus kelas rekayasa perangkat lunak (rpl) lembaga amil zakat (laz) al-azhar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ach Faris Zubairi_G05218001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tantangan dalam bonus demografi merupakan hal yang harus disadari oleh pemerintah maupun masyarakat. Hal ini dapat dilakukan oleh lembaga yang memiliki peran dan fungsi sosial, salah satunya Rumah Gemilang Indonesia kelas Rekayasa Perangkat Lunak LAZ Al-Azhar Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang Bagaimana pelaksanaan program Rumah Gemilang Indonesia kelas Rekayasa Perangkat Lunak LAZ Al-Azhar Surabaya perwakilan Jawa timur dan Bagaimana analisis before after terhadap keberhasilan program RGI kelas RPL anak usia produktif. Penelitian ini merupakan penelitian field research atau penelitian lapangan yang dilakukan pada LAZ Al-Azhar Surabaya perwakilan Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah Kualitatif deskriptif yang perinciannya menjelaskan dengan cara terencana, terstruktur dan sistematis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian analisis before after menunjukkan bahwa program Rumah Gemilang Indonesia Kelas Rekayasa Perangkat Lunak LAZ Al-Azhar Surabaya merupakan program yang efektif dan efisien untuk pengentasan pengangguran dan pemberdayaan masyarakat miskin kaum dhuafa pada anak usia produktif, 26 Alumni yang telah lulus dari 5 angkatan 13 besar diantaranya telah memiliki pekerjaan yang sesuai dengan pelatihan di program RGI kelas RPL, pengelola program sangat bertanggung jawab atas perekrutan santri mengikuti SOP dan tujuan lembaga sehingga tepat sasaran kepada kaum dhuafa usia produktif dan penelitian ini dapat dinilai santri sebelum mengikuti pembelajaran dan setelah menyelesaikan pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zubairi, Ach Farisachfariszubairi623@gmail.comG05218001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsegaf, M. Maulanam.maulana@uinsby.ac.id2104098701
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Kemiskinan
Pengangguran
Keywords: pengentasan; pengangguran; usia produktif
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ach. Faris Zubairi
Date Deposited: 21 Nov 2022 03:05
Last Modified: 21 Nov 2022 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58085

Actions (login required)

View Item View Item