Ways of thinking dan Ways of Understanding siswa dalam menyelesaikan masalah pada garis dan sudut ditinjau dari adversity quotient

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurlillah, Fitria Anis (2022) Ways of thinking dan Ways of Understanding siswa dalam menyelesaikan masalah pada garis dan sudut ditinjau dari adversity quotient. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitria Anis Kurlillah_D74217083.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terdapat dua kategori pengetahuan yang saling mempengaruhi dalam pengetahuan matematika yaitu proses berpikir yang disebut Ways of Thinking (WoT), dan cara pemahaman siswa yang disebut dengan Ways of Understanding (WoU). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara berpikir dan cara pemahaman siswa dalam menyelesaikan masalah pada garis dan sudut ditinjau dari Adversity Quotient. Untuk melihat proses berpikir siswa digunakan indikator cara berpikir dan cara pemahaman siswa yang disesuaikan dengan tahapan proses penyelesaian Klurik dan Rudnick. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan di MTs Muhammadiyah 1 Taman. Subjek penelitian ini berjumlah 8 siswa yang diambil dari kelas VIII-A dan VIII-B pada awal semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 3 siswa climbers, 3 siswa campers dan 2 siswa quitters. Instrumen data penelitian ini adalah, lembar tes ARP, lembar tes soal matematika, dan pedoman wawancara. Data dari tes tulis dan wawancara dianalisis sesuai dengan indikator WoT dan WoU. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) WoT siswa climber dalam menyelesaikan masalah pada garis dan sudut cenderung memiliki satu strategi yang mengarah pada solusi benar, cara berpikir empiris, memiliki keyakinan yang sangat baik terhadap konsep matematika. Sedangkan WoU siswa climber berkategori sangat baik. (2) WoT siswa camper dalam menyelesaikan masalah pada garis dan sudut cenderung memiliki satu strategi yang mengarah pada solusi salah, cara berpikir luar keyakinan, memiliki keyakinan yang baik terhadap konsep matematika. Sedangkan WoU siswa camper berkategori cukup. (3) WoT siswa quitter dalam menyelesaikan masalah pada garis dan sudut cenderung memiliki satu strategi yang mengarah pada solusi salah, cara berpikir luar keyakinan, memiliki keyakinan yang kurang baik terhadap konsep matematika. Sedangkan WoU siswa quitter dalam berkategori kurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurlillah, Fitria Anisfitriaanisk11@gmail.comD74217083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Matematika
Keywords: Ways of thinking; ways of understanding; penyelesaian masalah; adversity quotient
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fitria Anis Kurlillah
Date Deposited: 15 Nov 2022 07:53
Last Modified: 15 Nov 2022 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58124

Actions (login required)

View Item View Item