Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada materi pecahan sederhana kelas III di Mi Darul Ulum Medaeng Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hapsari, Marisa Dwi (2022) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada materi pecahan sederhana kelas III di Mi Darul Ulum Medaeng Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Marisa Dwi Hapsari_D77218045.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang tidak dapat mengerjakan tugas tepat waktu, dan tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan sehingga menunjukkan bahwa siswa belum menguasai materi yang diberikan oleh guru. Maka sebab itu peneliti ingin mengetahui apa saja bentuk kesulitan belajar matematika dan bagaimana upaya guru dalam mengatasinya. Tujuan dari penelitian : 1) Untuk mengetahui apa saja bentuk kesulitan belajar Matematika pada materi pecahan sederhana kelas III MI Darul Ulum Medaeng waru Sidoarjo 2) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar Matematika pada materi pecahan sederhana kelas III MI Darul Ulum Medaeng waru Sidoarjo.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menceritakan suatu keadaan untuk mengambil suatu kesimpulan. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data skunder, dan responden dari penelitian ini adalah peserta didik yang mengalami kesulitan belajar matematika dan guru kelas III MI Darul Ulum Medaeng Waru Sidoarjo. Instrument penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Bentuk-Bentuk kesulitan yang dialami peserta didik dalam belajar matematika yaitu sulit dalam pemahaman materi, sulit dalam mengaplikasikan bilangan ke gambar begitu juga sebaliknya , dan sulit dalam menyajikan nilai pecahan berdasarkan gambar. Faktor lain penyebab kesulitan belajar matematika peserta didik ada dua diantaranya ada faktor internal yaitu kesiapan peserta didik untuk belajar, minat dan motivasi. Dan faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah. 2) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika peserta didik yaitu, melalui memberi penguatan, menggunakan media pembelajaran, pemberian reward kepada siswa, membantu peserta didik dalam proses pembelajaran, mengidentifikasi tingkah laku peserta didik, memberikan angka atau nilai, memberikan penghargaan, dan pengajaran remedial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hapsari, Marisa Dwimarisadwi079f@gmail.comD77218045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uin2020027701
Subjects: Anak
Matematika
Keywords: Upaya Guru; Kesulitan Belajar; Pembelajaran Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marisa Dwi Hapsari
Date Deposited: 22 Nov 2022 06:09
Last Modified: 22 Nov 2022 06:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58181

Actions (login required)

View Item View Item