Konseling Islam dengan Sholawat Tibbil Qulub untuk mengatasi kecemasan pada seorang istri korban Covid-19 di Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawarni, Nadya Aliya (2021) Konseling Islam dengan Sholawat Tibbil Qulub untuk mengatasi kecemasan pada seorang istri korban Covid-19 di Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadya Aliya Mawarni_B93217147.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari Konseling Islam Dengan Sholawat Tibbil Qulub untuk mengatasi kecemasan pada seorang istri korban Covid-19 di Waru, Sidoarjo. Untuk mendeskripsikan persoalan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dan analisisnya deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Proses Konseling Islam Dengan Sholawat Tibbil Qulub menggunakan langkah identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, terapi atau treatment, evaluasi dan follow up. Konselor dan memberikan waktu kepada konseli untuk membaca dan menghafalkan serta memahami makna yang terkandung pada terapi sholawat Thibbil Qulub. Konselor mencontohkan cara membaca sholawat Tibbil Qullub yang benar. Selain itu Konselor menyiapkan media sound agar konseli dapat memahami nadanya dan juga dapat di nyanyikan. Konselor meminta konseli membaca sholawat tersebut sebanyak 7 kali dan sambil menutup mata supaya dapat meresapi maknanya. dengan menggunakan solawat tibbill qulub sangat efektif mengatasi kecemasan pada seorang istri korban covid-19. Dengan terapi tersebut konseli sudah bisa menjalan aktifitas seperti biasanya, menghilangkan fikiran-fikiran negatif akibat covid-19 dan dapat meningkatkan spiritualitas konseli .dan selalu bereserah diri kepada Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawarni, Nadya Aliyamuktiali40r@gmail.comB93217147
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlbaar, Ragwanragwanalbaar@uinsby.ac.id2003036301
Subjects: Bimbingan Konseling
Keluarga
Keywords: Konseling Islam; Sholawat Tibbil Qulub; Kecemasan; Covid-19.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nadya Aliya Mawarni
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:59
Last Modified: 16 Nov 2022 06:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58193

Actions (login required)

View Item View Item