Efektifitas metode pembelajaran al Quran Darussalam dalam meningkatkan keterampilan membaca al Quran peserta didik Kelas VI SD Darussalam Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarok, Chusni (2022) Efektifitas metode pembelajaran al Quran Darussalam dalam meningkatkan keterampilan membaca al Quran peserta didik Kelas VI SD Darussalam Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chusni Mubarok_D01218013 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1)Penerapan metode pembelajaran Al-Quran Darusssalam pada peserta didik kelas VI di SD Al-Falah Darussalam Waru, Sidoarjo 2)Keterampilan membaca al-Qur’an peserta didik kelas VI SD Al-Falah Darussalam Waru, Sidoarjo. 3)Efektifitas metode pembelajaran al-Qur’an Darussalam dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur’an peserta didik kelas VI di SD Al-Falah Darussalam Waru, Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest research guna mengetahui keterampilan membaca al-Qur’an dengan menggunakan metode Darussalam. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu cluster sampling dengan cara pengambilan berdasarkan perundian atau pembagian dari suatu populasi. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi, tes ,observasi dan wawancara . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan parametrik. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa; 1)Penerapan metode pembelajaran al-Qur’an Darussalam di kelas VI Sd Al-Falah Darussalam terlaksana dengan baik. 2)Keterampilan membaca al-Qur’an peserta didik kelas VI SD Al-Falah Darussalam Waru Sidoarjo mengalami peningkatan dari sebelum dan setelah diterapkannya metode pembelajaran al-Qur’an Darussalam yaitu dengan perolehan nilai rata-rata (mean) 90 menjadi 105. 3)Penerapan metode pembelajaran al-Qur’an Darussalam efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur’an kelas VI SD Al-Falah Darussalam Waru Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian Sig. (2-tailed) yakni sebesar 0,000. Nilai ini menunjukkan (kurang dari) < 0,05 dari taraf signifikansi dalam Uji Paired Sample T-Test.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarok, ChusniChusni920@gmail.comD01218013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsudin, SyamsudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorThonroni, Ahmad YusamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Metode Darussalam; keterampilan membaca Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chusni Mubarok
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:34
Last Modified: 17 Nov 2022 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58224

Actions (login required)

View Item View Item