Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan sikap tanggung jawab siswa kelompok A di taman kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Wonorejo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Zumrhotul (2022) Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan sikap tanggung jawab siswa kelompok A di taman kanak-kanak Dharma Wanita Persatuan Wonorejo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zumrhotul Hamidah_D98215076.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode pemberian tugas untuk usia Taman Kanak-Kanak dan Kelompok bermain diberikan untuk pengajaran sikap dan perilaku. Pemberian tugas yang saat ini dilakukan oleh peneliti dengan tujuan untuk meningkatkan sikap tanggungawab siswa. Adapun masalah yang akan dibahas yaitu, 1) Bagaimana penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan sikap tanggung jawab siswa kelompok A di Taman Kanak-kanak Dharmawanita Persatuan Wonorejo Balongpanggang Gresik? 2) Bagaimana peningkatan sikap tanggung jawab siswa melalui metode pemberian tugas di kelompok A TK Dharmawanita Persatuan Wonorejo Balongpanggang Gresik?.Tindakan yang dipilih oleh peneliti adalah dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Pada metode Penelitian Tindakan Kelas ini ada empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pemberian tugas dalam rangka peningkatan sikap tanggungjawab anak pada kelompok A di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Wonorejo Gresik mengalami peningkatan dengan medapatkan jumlah 40 dengan nilai rata-rata 4 yang artinya sangat baik dan berhasil. 2) Sikap tanggungjawab anak kelompok A Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan mengalami peningkatan, dimana peningkatan tersebut terjadi secara bertahap. Penelitian pada siklus II ini mendapatkan jumlah peningkatan yang sangat signifikan disbanding siklus I dengan nilai sebesar 842 dan jumlah nilai rata-rata sebesar 64,76% yang artinya metode pemberian tugas ini berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Zumrhotulzumrohhamidah@gmail,comD98215076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Penelitian Tindakan Kelas; metode pemberian tugas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Zumrhotul Hamidah
Date Deposited: 18 Nov 2022 03:48
Last Modified: 18 Nov 2022 03:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58243

Actions (login required)

View Item View Item