Efektifitas pelaksanaan metode Blended Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Bachtiar Putra (2022) Efektifitas pelaksanaan metode Blended Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bachtiar Putra Ramadhan_D91218124 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Metode “Blended learning” Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 5 Surabaya Permasalahan yang dikaji meliputi: 1) Bagaimana penerapan Blended learning dilakukan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 5 Surabaya; 2) Bagaimana hasil belajar siswa saat menggunakan metode blended learning; 3) Bagaimana efektifitas penerapan blended learning dalam meningkatkat hasil belajar pendidikan agama Islam siswa di SMPN 5 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa Test dengan memberi soal Pre-test dan Post Test dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMPN 5 Surabaya. Populasi penelitian berjumlah 432 siswa yang terdiri dari putra dan putri. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dengan total sampel 62 siswa. Teknik analisa data menggunakan uji normalitas, uji paired sample T test, uji homogenitas, dan uji independent sample T test Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) uji paired sample T test pada Pair 1 menunjukkan Nilai signifikansi (2-tailed) < 0.05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variable. Sehingga data ini sesuai dengan Hipotesis alternatif (H1), Hipotesis ini mengatakan bahwasannya penerapan variabel independen (X) efektif terhadap variabel dependen (Y). Hipotesis alternatif penelitian ini yaitu: Penerapan Metode “Blended learning” Efektif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Surabaya: 2) Berdasarkan hasil Uji Independent Sample T Test menunjukkan Nilai signifikansi (2-tailed) 0,01 < 0.05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variable. Sehingga data ini sesuai dengan Hipotesis alternatif (H1), Hipotesis ini mengatakan bahwasannya penerapan variabel independen (X) efektif terhadap variabel dependen (Y). Hipotesis alternatif penelitian ini yaitu: Penerapan Metode “Blended learning” Efektif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 5 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Bachtiar Putrabachtarputra33@gmail.comD91218124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abdurrahmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Thesis advisorNiam, KhoirunUNSPECIFIED2025077001
Subjects: Metode Pembelajaran
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Efektifitas; metode Blended learning; hasil belajar siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Bachtiar Putra Ramadhan
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:36
Last Modified: 21 Nov 2022 06:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58250

Actions (login required)

View Item View Item