Pengaruh asesmen kompetensi minimum terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VI MIN 1 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chikmia, Nurul (2022) Pengaruh asesmen kompetensi minimum terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VI MIN 1 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Chikmia_D77218052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah Faktor penyebab rendahnya keterampilan menulis. menurut Abidin adalah guru cenderung mengutamakan tata bahasa dalam menulis dibandingkan dengan bagaimana cara mengemukakan gagasan dalam menulis. Dalam hal ini menyebabkan peserta didik mampu menulis dengan tata bahasa yang baik namun isi tulisan kurang berbobot. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan petugas perpustakaan MI Negeri 1 Surabaya pada saat kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) diperoleh informasi bahwa tingkat literasi di MI Negeri 1 Surabaya tergolong rendah. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) terhadap keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik pada kelas VI di MIN 1 Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto yaitu mencari pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen, analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan menggunakan 4 uji prasyarat analisis. Sebelum melakukan penelitian, kuesioner telah divalidasi isi dan statistik, validasi statistik menggunakan rumus Person Product Moment dengan reliabilitas Alpha Cronbach untuk menentukan suatu angket yang reliabel atau tidak. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dari hasil uji menggunakan SPSS 16.0 diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,207 yang artinya nilai signifikansi lebih kecil dibandingkan dengan nilai probabilitas sebesar 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel X mempengaruhi variabel Y. Atau dengan kata lain, terdapat pengaruh antara Asesmen Kompetensi Minmum terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chikmia, Nurulnurul.ciamik@gmail.comD77218052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDNadlir, M.nadlir@uinsasby.ac.id2022076802
UNSPECIFIEDPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Keterampilan
Menulis
Keywords: asesmen kompetensi minimum; krtrampilan menulis; teks deskripsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Chikmia Nurul Chikmia
Date Deposited: 18 Nov 2022 03:55
Last Modified: 18 Nov 2022 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58251

Actions (login required)

View Item View Item