Analisis demotivasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah 03 Doudo Panceng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Nurul Azmi Maghfirotus (2022) Analisis demotivasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah 03 Doudo Panceng Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Azmi Maghfirotus Sa'diyah_D07218021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji demotivasi belajar siswa dalam pelajaran bahasa Arab. Peneliti mengkaji masalah ini karena saat magang di MI Muhammadiyah 03 Doudo masih banyak ditemukan siswa kelas IV yang cenderung malas ketika pembelajaran bahasa Arab berlangsung. Kebanyakan dari mereka lebih memilih keluar kelas dari pada mendengarkan penjelasan guru di dalam kelas. Peneliti menggunakan siswa dan guru bahasa arab kelas IV sebagai sumber data maka tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1.Untuk mengetahui kondisi pembelajaran bahasa arab di kelas IV MI Muhammadiyah 03 Doudo, 2.Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan demotivasi belajar bahasa arab pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah 03 Doudo. Penelitian ini dilakukan di MI Muhammadiyah 03 Doudo Panceng Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui metode analisis deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan observasi pembelajaran bahasa arab di kelas IV, wawancara dengan siswa dan guru bahasa arab kelas IV, serta dokumentasi perangkat pembelajaran dan nilai ujian akhir semester genap mata pelajaran bahasa arab. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa arab di kelas IV MI Muhammadiyah 03 Doudo Panceng Gresik masih belum efektif. Siswa kelas IV masih keluar masuk saat pembelajaran bahasa arab berlangsung, selain itu juga masih banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Begitu juga dengan guru masih kurang menerapkan RPP dalam mengajar. Sementara itu, faktor yang menjadi penyebab demotivasi belajar siswa adalah faktor keluarga, lingkungan, dan guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Nurul Azmi Maghfirotusazminurul984@gmail.comD07218021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthonmasud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Keywords: Demotivasi belajar; pembelajaran; bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Azmi Maghfirotus Sa'diyah
Date Deposited: 14 Nov 2022 08:04
Last Modified: 14 Nov 2022 08:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58256

Actions (login required)

View Item View Item