Analisis kemampuan penalaran spasial peserta didik dalam pemecahan masalah Geometri ditinjau dari resiliensi matematis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikah, Ike Meylani Nur (2022) Analisis kemampuan penalaran spasial peserta didik dalam pemecahan masalah Geometri ditinjau dari resiliensi matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ike Meylani Nur Sholikah_D74217084 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan penalaran spasial adalah kemampuan berpikir seseorang dalam menemukan kesimpulan untuk menjawab solusi permasalahan keruangan yang melibatkan objek-objek dengan komponen spasial. Peserta didik yang mengalami kesulitan mengembangkan kemampuan penalaran spasial dapat dengan mudah menyerah dan tidak ingin melanjutkan upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika. Upaya ini tidak hanya membutuhkan dukungan dari eksternal seperti sarana dan prasarana, tetapi juga membutuhkan suatu faktor internal yaitu resiliensi matematis. Resiliensi matematis merupakan sikap positif dalam pembelajaran matematika yang meliputi percaya diri akan keberhasilan, memperlihatkan ketekunan dalam menemukan kesulitan, berkeinginan untuk berdiskusi. Sehingga, resiliensi matematis dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan penalaran spasial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran spasial peserta didik yang memiliki resiliensi matematis tinggi, sedang, rendah dalam memecahkan masalah geometri di Madrasah Aliyah Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri Surabaya. Seluruh kelas XII IPA 7 diberi angket resiliensi matematis. Subjek penelitian ini yaitu 2 subjek resiliensi matematis tinggi, 2 subjek resiliensi matematis sedang, dan 2 subjek resiliensi matematis rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran spasial dan wawancara. Kemudian data dianalisis menggunakan Teknik analisis Miles dan Huberman berdasarkan indikator kemampuan penalaran spasial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran spasial peserta didik dengan resiliensi matematis tinggi dalam pemecahan masalah geometri, peserta didik mampu menerapkan semua indikator yang digunakan pada penelitian ini yaitu visualisasi spasial, orientasi spasial dan rotasi mental. Kemampuan penalaran spasial peserta didik dengan resiliensi matematis sedang dalam pemecahan masalah geometri, peserta didik hanya menerapkan satu indikator kemampuan penalaran spasial di dalamnya yaitu rotasi mental. Kemampuan penalaran spasial peserta didik dengan resiliensi matematis rendah dalam pemecahan masalah geometri, peserta didik tidak mampu menerapkan semua indikator kemampuan penalaran spasial di dalamnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikah, Ike Meylani Nurikemeylani20@gmail.comD74217084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul UswahLisanuluswah@yahoo.com2026098302
Thesis advisorHamdani, A. Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Kemampuan penalaran spasial; pemecahan masalah geometri; resiliensi matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ike Meylani Nur Sholikah
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:50
Last Modified: 18 Nov 2022 01:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58265

Actions (login required)

View Item View Item