Analisis pengaruh investasi, tenaga kerja, dan tingkat pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kawasan Gerbangkertosusila Jawa Timur tahun 2012-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damayanti, Ulfia (2022) Analisis pengaruh investasi, tenaga kerja, dan tingkat pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kawasan Gerbangkertosusila Jawa Timur tahun 2012-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ulfia Damayanti_G71217080 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Analisis Pengaruh Investasi, Tenaga Kerja, dan Tingkat Pendidikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kawasan Gerbangkertosusila Jawa Timur Tahun 2012-2020” ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel investasi,tenaga kerja, dan tingkat pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kawasan Gerbangkertosusila JawaTimur 9 tahun terakhir. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis data adalah data sekunder runtun waktu tahun 2012 sampai tahun 2020 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan sumber resmi pemerintah lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan data panel dan diolah menggunakan aplikasi EViews 9, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Setelah pengujian dilakukan model regresi yang terpilih adalah random effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel investasi, tenaga kerja, dan tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kawasan Gerbangkertosusila. Secara parsial variabel investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kawasan Gerbangkertosusila, sedangkan variabel tenaga kerja dan tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kawasan Gerbangkertosusila. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat diharapkan pemerintah dapat mendorong peningkatan kualitas tingkat pendidikan dengan menyediakan berbagai program beasiswa untuk masyarakat kurang mampu dan siswa berprestasi, membuka lapangan kerja di berbagai sektor yang disesuaikan dengan keahlian masyarakat, serta membuka pelatihan-pelatihan agar menambah skill masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damayanti, Ulfiadamayantiulfia62@gmail.comG71217080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahyudi, NoorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Investasi
Tenaga Kerja
Keywords: Investasi; tenaga kerja; tingkat pendidikan; pertumbuhan ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Ulfia Damayanti
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:35
Last Modified: 17 Nov 2022 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58267

Actions (login required)

View Item View Item