Pengaruh pemahaman akidah akhlak terhadap perilaku prososial siswa kelas IX di MTSn Roudlotul Banat Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzul'khaq, M. Amril (2022) Pengaruh pemahaman akidah akhlak terhadap perilaku prososial siswa kelas IX di MTSn Roudlotul Banat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Amril Izzul'khaq_D01218028.pdf

Download (14MB)

Abstract

Perilaku prososial merupakan bagian dari perilaku sosial yang telah ditanamkan sejak dini pada setiap individu manusia. Perilaku prososial meliputi, tolong menolong, berderma, kerja sama, berbagi, bertindak jujur, dan persahabatan. Perilaku prososial dalam akidah akhlak termuat pada materi tentang akhlak mahmudah, seperti tolong menolong, saling berbagi, dermawan, jujur, bekerja sama, dan menjalin persahabatan. Akidah akhlak merupakan pembelajaran agama Islam yang berperan memberikan pengertian kepada siswa terkait akhlakul karimah dan adab-adab Islami. Hal ini menunjukkan segala hal yang berhubungan dengan perilaku prososial dapat diperoleh siswa dari pemahaman akidah akhlak yang telah disampaikan guru selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan data terkait: 1) Pemahaman Akidah Akhlak siswa kelas IX di MTs Roudlotul Banat. 2) Perilaku Prososial siwa kelas IX di MTs Roudlotul Banat. 3) Pengaruh Pemahaman Akidah Akhlak terhadap Perilaku Prososial siswa kelas IX di MTs Roudlotul Banat Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yaitu suatu pendekatan yang menekankan pada angka dan data yang kemudian diolah dengan hitungan statistika guna memperoleh hasil yang akurat. Jumlah populasi siswa kelas IX di MTs Roudlotul Banat sejumlah 98 siswa sehingga teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini population sampling atau pengambilan sampling secara keseluruhan populasi yang ada. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini ialah, Tes, Angket dan Wawancara. Analisis data dalam skripsi ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman akidah akhlak siswa kelas IX MTs Roudlotul Banat memperoleh nilai prosentase pada kategori tinggi sebanyak 55,1%. 2) Tingkat perilaku prososial siswa kelas IX di MTs Roudlotul Banat memperoleh nilai sejumlah 85,3 % dan termasuk dalam kriteria interval berkategori tinggi 75%-100%. 3) Pengaruh pemahaman akidah akhlak terhadap perilaku prososial siswa didapatkan dari hasil analisis regresi linier sederhana didapatkan nilai signifikasnsi sebesar 0,830 > 0,05 dan nilai thitung < ttabel yaitu 0,215 < 1,98498, sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahman akidah akhlak terhadap perilaku prososial siswa kelas IX di MTs Roudlotul Banat. Nilai koefisien determinan R Square sebesar 0,002 atau jika diprosentasekan menjadi 0,2%. Maka besar pengaruh pemahaman akidah akhlak terhadap perilaku prososial siswa kelas IX di MTs Roudlotul Banat sebesar 0,2% dan 99,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzul'khaq, M. Amrilm.amrilizzulkhaq213@gmail.comD01218028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: pemahaman akidah akhlak; perilaku prososial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Amril Izzul'khaq
Date Deposited: 18 Nov 2022 03:36
Last Modified: 21 Nov 2022 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58290

Actions (login required)

View Item View Item