Pengembangan media pembelajaran PAI berbasis literasi membaca menggunakan komik untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa di SD Islam Al Azhar Kelapa Gading Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmi, Mayangsari Nikmatur (2022) Pengembangan media pembelajaran PAI berbasis literasi membaca menggunakan komik untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa di SD Islam Al Azhar Kelapa Gading Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mayangsari Nikmatur Rahmi_F02319062 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa karena kurangnya motivasi membaca dan dukungan media pembelajaran. salah satu media yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah komik. Media berbentuk komik menawarkan kebaharuan dalam pembelajaran. karakteristiknya yang menarik, sederhana, dan mudah difahami muatan materi pembelajaran dapat diperhitungkan sebagai salah satu untuk mengatasi permasalahan yang terjadi oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan mengembangkan media pembelajaran berbasis literasi yang efektif, praktis dan valid untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Tempat penelitian di SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya dengan Subjek penelitian uji coba produk sebanyak 30 siswa. Selain itu teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis item pernyataan, N-Gain rumus skor dan analisis data Miles & Huberman. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah media komik berbasis literasi membaca sebagai media pembelajaran yang digunakan oleh siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa media komik berbasis literasi membaca sebagai media pembelajaran efektif dalam meningkatkan kemampuann berfikir kritis siswa tentang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV di SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya. Terbukti dengan rata-rata pre-tes yang diungkap 47 dan meningkat pada post test sebesar 88 dengan nilai gain 74,3353 atau 74,3 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmi, Mayangsari Nikmaturmygsari96@gmail.comF02319062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRusydiah, Evi Fatimaturevi_fatimatur@yahoo.com197312272005012003
Thesis advisorHamdani, Asep Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id196507312000031002
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media komik berbasis literasi membaca; kemampuan berfikir kritis
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahmi Mayangsari Nikmatur
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:28
Last Modified: 21 Nov 2022 07:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58291

Actions (login required)

View Item View Item