Efektivitas penggunaan e-learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Kelas IV-C MIN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novianti, Ikke (2022) Efektivitas penggunaan e-learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Kelas IV-C MIN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ikke Novianti_D97217095 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu adanya pandemi COVID-19 yang menyebabkan proses pembelajaran harus dilaksanakan di rumah dengan menggunakan berbagai media pembelajaran. Salah satu permasalahan yang terjadi adalah kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran daring. Dalam hal ini, peneliti melihat efektivitas penggunaan E-Learning sebagai media pembelajaran daring guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah : 1) Untuk mengetahui Desain pembelajaran E-Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa; 2) Untuk mengetahui efektivitas penggunaan E-Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan statistik dalam menganalisis data, serta data yang di dapatkan yaitu berupa angka-angka. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif serta desain penelitian One Sample T-Test. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) E-Learning yang digunakan dalam pembelajaran daring di kelas IV-C untuk kegiatan pembelajaran sehari – hari dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. 2) Efektivitas penggunaan E-Learning dalam pembelajaran daring terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik Kelas IV-C MIN 1 Gresik ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test yang menunjukkan nilai asym.sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai asym.sig 2-tailed < α (0,05) yang berarti penggunaan media E-Learning efektif sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar daring di kels IV-C MIN 1 Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novianti, Ikkenovianti21ikke@gmail.comD97217095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Efektivitas; media e-learning; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ikke Novianti
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:53
Last Modified: 21 Nov 2022 06:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58296

Actions (login required)

View Item View Item