Pesan dakwah Nurman Hakim dalam Film Bid’ah Cinta: analisis semiotik Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widodo, Nur Izad Ibnu (2022) Pesan dakwah Nurman Hakim dalam Film Bid’ah Cinta: analisis semiotik Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Izad Ibnu Widodo_B01218029 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Modernisasi media berdakwah menjadi salah satu hal yang tidak bisa dihindari. Saat ini banyak sarana yang dapat dimanfaatkan sebagai media dakwah termasuk film. Dengan adanya perkembangan teknologi di dunia perfilman yang menghasilkan karya film yang lebih modern, membuat film semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Sebagai akibatnya film dapat dijadikan sebagai alternatif yang cukup representif sebagai sarana dakwah. Penelitian ini berangkat dari permasalahan bentuk-bentuk penyampaian pesan dakwah. Dari latar belakang tersebut peneliti dapat dikemukakan rumusan masalah Bagaimana Pesan Dakwah Nurman Hakim Dalam Film Bid’ah Cinta (Analisis SemiotikRoland Barthes). Untuk mengidentifikasi pesan dakwah yang dikembangkan dari Film Bid’ah Cinta secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode kualitatf. Data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Analisis SemiotikRoland Barthes. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini: pertama, pesan aqidah yaitu: mempercayai rukun iman. Kedua, pesan syariah mengenai Tindakan yang melanggar syariah seperti memfinah, radikal, dan praktik Tindakan teroris. Ketiga, pesan akhlak antara lain: menasehati, saling mengingatkan dan mengajak dalam hal kebaikan, saling tolong menolong, dan berdoa. Rekomendasi dan saran untuk peneitian selanjutnya, agar mampu mengembangkan penelitian ini dari sisi lain dan lebih mendalami wawan dengan referensi keislaman

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widodo, Nur Izad Ibnuibnu.izad@gmail.comB01218029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlaihi, Wahyuwahyu.ilaihi@uinsby.ac.id2002047802
Subjects: Komunikasi
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; Bid’ah Cinta Film; semiotika Roland Barthes
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur Izad Ibnu Widodo
Date Deposited: 18 Nov 2022 04:26
Last Modified: 18 Nov 2022 04:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58303

Actions (login required)

View Item View Item