Evaluasi pembelajaran matematika yang menggunakan media video interaktif berdasarkan model CIPP (context, input, process, and product)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Ade Rindiani (2022) Evaluasi pembelajaran matematika yang menggunakan media video interaktif berdasarkan model CIPP (context, input, process, and product). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ade Rindiani Kurniawan_D74217074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sesuai dengan kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) poin ke -2 yaitu proses pembelajaran daring. Dengan adanya peraturan baru ini, guru dituntut untuk memberikan media pembelajaran yang inovatif salah satunya melalui video interaktif. Begitu pula dengan keadaan pasca pandemi Covid yang mana peserta didik harus beradaptasi dengan tetap melakukan pembelajaran secara daring maupun secara luring. Sehingga perlu dilakukan sebuah evaluasi terkait proses pembelajaran. Evaluasi yang digunakan peneliti adalah model CIPP (Context, Input, Process, and Product). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil evaluasi contex, input, process, and product dalam pembelajaran matematika yang menggunakan media video interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (evaluation research) dengan jenis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap di SMP Nusantara Krian yang terletak di Jl. Raya Sidoarjo-Krian Desa Katerungan. Peneliti menggunakan purposive sampling dan jenis data yang didapat pada penelitian ini adalah jenis data kualitatif yang mana data tersebut diperoleh dari data hasil evaluasi pembelajaran matematika yang menggunakan media video interaktif kelas VIII, dokumen madrasah, angket, hasil observasi serta wawancara. Hasil evaluasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) evaluasi context tergolong baik. Hal ini dilihat dari data profil sekolah yang tergambar jelas dan detail serta kesinambungan antara latar belakang program pembelajaran tatap muka terbatas dengan kegiatan inovasi budaya literasi. (2) evaluasi input tergolong sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari kompetensi yang dimiliki oleh guru matematika yang tergolong baik. Namun, fasilitas wifi sekolah tergolong kurang baik dan memadai. Selain itu, kesiapan peserta didik dalam proses pelaksanaannya terdapat 20% yang belum siap melaksanakan pembelajaran daring maupun luring. (3) evaluasi process tergolong sangat baik. Hal ini dilihat dari kegiatan mengajar yang dilakukan oleh guru matematika sudah sesuai dengan proses pembelajaran. (4) evaluasi product tergolong baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik yakni 86,76.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Ade Rindianirindianiade@gmail.comD74217074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Thesis advisorKuniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Subjects: Matematika
Keywords: pembelajaran matematika; video interaktif; model CIIPP (context, input, process, and product)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ade Kurniawan
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:13
Last Modified: 22 Nov 2022 02:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58349

Actions (login required)

View Item View Item