Tinjauan fiqih siyasah terhadap pandangan ulama NU kabupaten Sumenep (PCNU) tentang konsep negara darussalam di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zubir, Ahmad Maimun (2019) Tinjauan fiqih siyasah terhadap pandangan ulama NU kabupaten Sumenep (PCNU) tentang konsep negara darussalam di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Maimun Zubir_C95215069.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nahdatul Ulama merupakan organisasi sosial keagamaan yang di pimpin oleh para Ulama. Selain liyatafaqqohu-fiddin, menggagali, merumuskan, dan mengembangkan pemikiran keagaaman. Indonesia bukanlah darul-islam tapi Darusslam was-shuluh (negara berasaskan keselamatan atau perdamaaian), secara teoritis keputusan muktamar NU tahun 1936 Di Banjarmasin tentang model Darussalam sebagai format Indomesia pasca kemerdekaan dan sekaligus melengkapi teori Darul-Islam, Darul harb (negara non-muslim). Maka skripsi tentang‛ Tinjauan Fiqih Siyasah Terhadap Pandangan Ulama NU Kabupaten Sumenep (PCNU) Tentang Konsep Negara Darussalam Di Indonesia‛ merupakan penelitian lapangan (field research) dan bersifat eksploratif yaitu berupa penjelajahan pandangan atau persepsi ketua tanfidziyah dan rais syuriah PCNU Kabupaten Sumenep, serta para pandangan Ulama non struktural (kultural) dibawah naungan PCNU Kabupaten Sumenep. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pola pikir, pendeatan pola pikir adalah upaya mencari berbagai perspektif,serta apa-apa yang dapat dipahami dari realitas dan esensial yang terkandung dalam ajaran agama. Pola pikir juga dimaksudkan untuk memberikan suatu pandangan menyeluruh dari ide- ide dan motif-motif yang kepentingannya sangat membutuhkan persepsi. secara praktis skripsi ini diharapkan agar menjadipegangan masyarakat Indonesia untuk menjaga asas tunggal pancasila, undang – undang Negara Kesatuan Republik Indonesia Dan menumbuhkan rasa patriotisme kepada tanah air, serta diharapkan skripsi ini bisa memberi pemahaman kepada masyarakat terhadap konsep negara yang sesuai dengan adat budaya, kemajemukan bangsa Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zubir, Ahmad MaimunAhmadmaimunzubir@gmail.comC95215069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRojak, Jeje Abduljejerozaq@yahoo.com2015106401
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Keywords: Nahdatul Ulama; negara darussalam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Zubir Ahmad Maimun
Date Deposited: 02 Jan 2023 04:26
Last Modified: 02 Jan 2023 04:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58388

Actions (login required)

View Item View Item