Peran pondok pesantren al-Kholiqi dalam upaya rehabilitasi pecandu narkoba di Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tazzaroh, Ami Fatima (2022) Peran pondok pesantren al-Kholiqi dalam upaya rehabilitasi pecandu narkoba di Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ami Fatima Tazzaroh_I73218027.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalah yang dikaji adalah banyaknya penyalahguna narkoba di masyarakat. Narkoba merupakan suatu zat yang asalnya dari tanaman yang dapat menimbulkan ketergantungan. Banyaknya kasus penyalahgunaan narkoba, sehingga mengancam keberlangsungan masa depan bangsa. Narkoba saat ini sudah merambah ke semua kalangan. bahkan tidak membedakan strata ekonomi, sosial, profesi, dan tingkat pendidikan. Masalah utama dalam penelitian ini adalah: (1).Bagaimana peran Pondok Pesantren Al-kholiqi dalam melakukan rehabilitasi narkoba di Kabupaten Sidoarjo?. (2).Bagaimana proses rehabilitasi narkoba yang ada di Pondok Pesantren Al-Kholiqi Kabupaten Sidoarjo? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan penekatan fenomenologi. Subjek ditentukan secara purposife. Observasi, interviu dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi, display dan mengambil kesimpulan. Utuk mengecek keabsahn data digunakan triangulasi. Hasil penelitiannya membuktikan, bahwa: (1) Pondok Pesantren Al-Kholiqi berperan instrumental dan keagamaan. Peran instrumental, yaitu sebagai alat pendidikan, terlihat sangat partisipatif. Terjadi keterlibatan seseorang memberi sumbangsih untuk mencapai tujuan yang ditentukan, serta bertanggung jawab. Peran keagamaan terlihat dalam pelaksanaan proses pembinaan para pecandu narkoba, melalui proses pemberian pengetahuan, pembentukan sikap, dan kecakapan beribadah. Rehabilitasi yang dilakukan sebagai suatu upaya agar pecandu narkotika bisa membangun kembali kekuatan mental dalam kehidupannya dimasyarakat dan menghilangkan perilaku negatif yang disebabkan oleh pengaruh dari penggunaan Narkotika. (2) Pondok pesantren Al-Kholiqi menerapkan rehabilitasi sosial bagi pecandu narkoba dengan proses tradisional, seperti totok saraf, gura hidung, gura mata, rendam diri dini hari, berjemur dengan minum ramuan rahasia, dan pembinaan mental untuk pecandu narkoba oleh kiai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tazzaroh, Ami Fatimaamizahra2708@gmail.comI73218027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori21@yahoo.co.id2006056701
Subjects: Rehabilitasi
Sosiologi
Keywords: Pondok pesantren al-Kholiqi; rehabilitasi; pecandu narkoba
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Mar'ah Sholicha
Date Deposited: 25 Nov 2022 06:51
Last Modified: 25 Nov 2022 06:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58390

Actions (login required)

View Item View Item