Analisis model anuitas pada pembiayaan KPR dalam perspektif etika bisnis Islam: studi pada BSI KCP Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohim, Ahmad Khoirur (2022) Analisis model anuitas pada pembiayaan KPR dalam perspektif etika bisnis Islam: studi pada BSI KCP Krian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Khoirur Rohim_G94218151.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model anuitas pada pembiayaan KPR di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Krian dan bagaimana analisis model anuitas pada pembiayaan KPR di Bank Syariah Indonesia KCP Krian dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, risset, dan dokumentasi. Setelah data didapatkan kemudian data akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model anuitas pada pembiayaan KPR di BSI KCP Krian merupakan pilihan metode terbaik, model anuitas pada pembiayaan KPR di BSI KCP Krian sama seperti metode anuitas pada umumnya yaitu angsuran awal pokok lebih kecil sedangkan untuk margin diawal lebih besar, pehitungan model anuitas di BSI KCP Krian menggunakan sistem secara otomatis. Model anuitas yang diterapkan pada pembiayaan KPR di BSI KCP Krian belum sepenuhnya sesuai dengan etika bisnis Islam. Pada prinsip kejujuran pihak bank tidak memberikan penjelasan tentang proporsi antara pokok dan margin yang harus dibayar oleh nasabah. Prinsip keadilan, pada model anuitas ini tidak memberikan keadilan bagi pihak nasabah. Prinsip saling menguntungkan, pada model anuitas pembiayaan KPR ini kurang tepat diterapkan karena tidak memberikan prinsip saling menguntungkan, terutama jika nasabah melakukan percepatan pelunasan, karena tentu akan mengakibatkan kerugian bagi nasabah dan menghilangkan potensi keuntungan bagi pihak perbankan. Penelitian ini memberikan saran: (1) Pihak bank diharapkan memberikan penjelasan secara rinci tentang faktor-faktor apa saja yang akan merugikan nasabah dalam pembiayaan KPR dengan mtode anuitas. (2) Bagi nasabah juga harus mencari informasi dan juga mendalami perihal untung ruginya pembiayaan KPR dengan metode anuitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohim, Ahmad Khoirurkhoirurrohimahmad@gmail.comG94218151
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: model anuitas; pembiayaan KPR; etika bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ahmad Khoirur Rohim
Date Deposited: 24 Nov 2022 05:38
Last Modified: 24 Nov 2022 05:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58392

Actions (login required)

View Item View Item